ARTIKEL

Perlukah Bangunkan Anak di Malam Hari untuk Minum Obat Saat Demam?

Oct 03, 2022 12:18pm

Jangan langsung panik saat si kecil demam, Bunda. Demam pada anak tidak selalu menjadi tanda bahaya dan sebagian besar demam dapat mereda dengan sendirinya. Demam bukanlah penyakit, namun gejala umum dari suatu penyakit yang menandakan mekanisme pertahanan tubuh anak sedang bekerja.

Ya Bunda, demam merupakan reaksi tubuh saat memerangi peradangan atau infeksi secara alami. Peradangan atau infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit yang masuk ke dalam tubuh. Penyebab demam anak lainnya seperti penyakit autoimun dan efek dari imunisasi.

Untuk demam pada anak yang tergolong ringan, Bunda bisa mengatasinya dengan beberapa cara ini:

Memberi Obat Demam Khusus Anak

Berikan obat demam khusus anak ketika suhu tubuh anak sangat tinggi atau hingga lebih dari 38 derajat Celcius. Obat penurun panas seperti paracetamol bisa membantu meredakan demam anak. Namun pastikan Bunda memberikan obat demam anak sesuai dengan anjuran atau petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan obat, ya.

Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Saat demam biasanya tubuh si kecil akan lebih banyak mengeluarkan cairan. Oleh sebab itu, Bunda perlu memberikan anak lebih banyak asupan cairan untuk mencegahnya mengalami dehidrasi. Berikan lebih banyak air putih pada anak saat demam. Bisa juga dengan memberikannya jus buah atau sup hangat untuk mempercepat pemulihan. Namun pada anak di bawah usia 6 bulan, Bunda bisa memberikan si kecil lebih banyak ASI atau susu.

Memastikan Anak Tidur Cukup

Saat demam, mintalah si kecil untuk mengurangi kegiatannya dan lebih banyak beristirahat. Tidur yang cukup membantu suhu tubuh anak menurun dan tubuh lebih cepat pulih. Bunda bisa menjaga suhu ruangan tetap sejuk agar anak bisa tertidur dengan nyaman.

Saat tidur, tubuh anak sedang berjuang melawan virus penyebab penyakit. Karena itu, membangunkan anak untuk minum obat justru akan mengganggu tidurnya dan menyebabkan waktu istrahat anak berkurang.

Jika obat yang diberikan adalah jenis obat antipiretik (seperti paracetamol, ibuprofen, dan sebagainya), maka orangtua tidak perlu membangunkan anak yang sudah tidur hanya untuk meminumkannya obat. Obat bisa diberikan kembali di keesokan harinya jika anak kembali demam.

Namun jika obat yang diberikan adalah antibiotik, maka orangtua perlu membangunkan anak supaya bisa tetap mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter.

Bunda bisa mengandalkan Termorex saat anak demam karena Termorex merupakan sirup ibat penurun panas anak tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak, termasuk setelah imunisasi, ketika sakit kepala dan sakit gigi. Termorex, kembalikan keceriaan si Kecil.

Tags:

Halaman