ARTIKEL

5 Trik Mengajarkan Anak Disiplin Mengikuti Protokol Kesehatan

Nov 27, 2020 12:17pm

Pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai semakin membuat para orang tua khawatir, terlebih dengan kabar bahwa sekolah tatap muka bisa dilakukan mulai bulan Januari 2021 jika situasi mendukung. Imunitas anak kecil yang belum sepenuhnya terbentuk membuat si kecil jadi lebih rentan terhadap paparan virus.

 

Maka dari itu, penting sekali bagi Bunda untuk mengajarkan dan membiasakan anak disiplin mengikuti protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Berikut ini 5 trik yang bisa membantu Bunda.

 

Beri pemahaman soal virus

Penting sekali bagi Bunda untuk mengajarkan si kecil tentang mengapa ia harus belajar di rumah dan mematuhi protokol kesehatan. Menurut berbagai pakar, anak-anak yang sudah mengerti soal bahaya virus akan lebih rajin menerapkan protokol kesehatan yang diajarkan oleh orang tuanya. Agar bisa memberikan informasi yang faktual kepada si kecil, Bunda pun perlu mengikuti berita soal virus corona.

 

Selanjutnya, berikan pemahaman soal virus corona yang mudah menyebar melalui air liur yang keluar saat berbicara, bersin, dan batuk kepada si kecil. Gunakan kalimat-kalimat yang sederhana. Jika Bunda kesulitan, kini sudah ada banyak video soal edukasi virus corona serta protokol kesehatan dalam bentuk animasi, lengkap dengan lagu-lagu anak, yang bisa Bunda jadikan materi pembelajaran bagi sang buah hati.

 

Pakaikan masker dengan gambar atau motif yang lucu

Tidak jarang anak-anak enggan memakai masker karena merasa panas atau merasa terkekang. Namun faktanya, protokol kesehatan yang mewajibkan penggunaan masker dapat mengurangi risiko tertular virus corona sebanyak 75%. Jadi, penting sekali bagi si kecil untuk selalu menggunakan masker saat bepergian.


Nah, Bunda bisa mengakalinya dengan membeli, atau membuat, masker kain dengan motif yang lucu. Bisa saja dengan gambar binatang favorit, superhero idola si kecil, atau karakter-karakter dari kartun yang sering ia tonton. Dengan begitu, si kecil dijamin akan lebih semangat memakai masker.

 

Ajak anak mencuci tangan sambil menyanyi

WHO menyarankan cuci tangan selama lebih dari 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir. Ini diwajibkan supaya sabun bisa bekerja optimal membasmi kotoran dan virus yang menempel di kulit tangan. Meski begitu, sebenarnya sangat disarankan untuk mencuci tangan selama 60 detik, durasi pendek yang sama dengan durasi kebanyakan lagu anak.

 

Oleh sebab itu, Bunda bisa mengajarkan anak protokol kesehatan yang satu ini sesuai anjuran WHO menggunakan bantuan lagu anak. Ketika sedang mencuci tangan, ajak si kecil menyanyikan lagu favoritnya, seperti misalnya “Twinkle Twinkle Little Star,” “Happy Birthday,” “Topi Saya Bundar,” dan masih banyak lagi.

 

Buat permainan agar anak disiplin jaga jarak

Agak sulit memang untuk mengajarkan protokol kesehatan ini, terutama saat anak mulai kangen bermain dengan teman-temannya. Namun, Bunda harus selalu memastikan si kecil paham pentingnya menjaga jarak karena virus ini tidak pandang bulu dan mengancam kesehatan keluarga kapan saja. Supaya bisa menarik perhatian si kecil, Bunda bisa menjadikan protokol kesehatan jaga jarak menjadi sebuah permainan menyenangkan.

 

Ajak anak untuk merentangkan kedua tangannya selebar mungkin. Lalu, Bunda bisa mengajaknya bermain layaknya pesawat yang sedang terbang. Berikan aturan untuk tidak menyentuh orang lain selama merentangkan kedua tangan. Permainan ini akan membiasakan anak untuk menjaga jarak dan tidak bersentuhan dengan orang lain sewaktu bepergian.

 

Berikan vitamin yang menyerupai permen

Nah, selain protokol kesehatan, cara lain untuk melindungi si kecil dari bahayanya virus adalah memenuhi asupan nutrisinya. Jangan lupa untuk memberikan vitamin bagi si kecil agar ia tetap sehat. Sekarang ini, sudah ada banyak vitamin yang dibuat khusus menyerupai permen gummy bear. Teksturnya kenyal dan rasanya pun manis bagaikan permen. Si kecil pun pasti akan semangat ketika sudah waktunya minum vitamin ini sehabis makan.

 

Itulah kiat-kiat mengajarkan protokol kesehatan kepada anak. Tetaplah bersabar dalam mendidik anak supaya semakin disiplin menjaga kebersihan. Lalu, kurangi aktivitas di luar rumah bersama si kecil. Semoga informasi ini bisa membantu Bunda melindungi keluarga dari ancaman virus, ya!

Tags:

Halaman