ARTIKEL

Cuaca Mulai Tak Menentu, Waspadai Gangguan Kesehatan pada Si Kecil

Oct 23, 2021 10:47am

Perubahan cuaca dapat menyebabkan tubuh si kecil menjadi rentan terserang penyakit. Tidak hanya orang dewasa, cuaca yang berganti turut membuat tubuh anak harus beradaptasi dengan suhu sekitarnya dalam waktu cepat. Tentunya, hal ini dapat menurunkan daya tahan tubuh si kecil, Bunda.

Tahukah Bunda, cuaca yang berubah turut membuat udara dan air ikut berubah. Saat cuaca panas dan kering, air cenderung lebih keruh serta udara yang mengandung lebih banyak debu dan kotoran. Sementara ketika musim hujan, air lebih mudah terkontaminasi mikroorganisme jahat. Hal ini yang menyebabkan daya tahan tubuh melemah sehingga rentan mengalami gangguan kesehatan.

Beberapa gangguan kesehatan yang rentan dialami anak ketika perubahan cuaca di antaranya seperti:

  • Flu
  • Batuk
  • Demam dan sakit kepala
  • Gangguan pencernaan
  •  Alergi

Untuk mencegah gangguan kesehatan akibat perubahan cuaca, Bunda perlu melakukan beberapa hal ini:

Menjaga Asupan Nutrisi

Makanan bernutrisi membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, terutama saat perubahan cuaca yang tak menentu. Jika si kecil masih menyusu, pastikan ia mendapat ASI eksklusif ya, Bunda. Untuk bayi yang sudah mengenal makanan, pastikan ia mendapatkan menu MPASI kaya gizi dengan buah dan sayuran berwarna-warni. Vitamin A, C dan E berperan penting menangkal penyakit. Sebagai nutrisi tambahan, Bunda bisa memberikan susu dengan kandungan omega-3 dan omega-6.

Memastikan Hidrasi Terjaga

Pastikan tubuh si kecil tetap terhidrasi. Kekurangan asupan cairan membuat daya tahan tubuh melemah. Biasakan si kecil untuk meminum air putih ketimbang minuman berwarna yang mengandung soda. Jika anak sedang tidak enak badan, Bunda bisa mengganti air putih dengan teh manis hangat untuk membuat tubuhnya nyaman dan meredakan perut kembung.

Mengajak si Kecil Melakukan Aktivitas Fisik

Tetap bergerak jadi salah satu kunci tubuh yang fit dan sehat. Berolahraga atau setidaknya tetap aktif bergerak dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Tak perlu ke tempat kebugaran, Bunda bisa mengajak si kecil olahraga ringan di sekitar rumah seperti lari atau berjalan kaki mengitari rumah, bermain bola di halaman rumah, atau bermain kejar-kejaran agar si kecil tetap aktif bergerak.

Mengajari Anak untuk Rajin Cuci Tangan

Biasakan si kecil untuk menjaga kebersihan. Cara ini efektif mencegah anak terserang penyakit. Ajari anak untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya. Seperti mandi dua kali sehari, menggunting kuku, serta mencuci tangan dengan benar terutama sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa ajari si kecil untuk membersihkan tangannya setelah batuk atau bersin, setelah menyentuh hewan, atau setelah buang air kecil dan buang air besar.

Memastikan Anak Cukup Beristirahat, Terutama di Malam Hari

Kurangnya waktu tidur membuat produksi sitokin dalam tubuh menurun. Padahal Bunda, hormon ini memiliki peran sebagai penangkal infeksi dan radang. Jadi pastikan si kecil memiliki waktu tidur yang cukup serta kualitas tidur yang baik khususnya di malam hari.

Ketika si kecil merasa tidak enak badan yang ditandai dengan suhu badan meningkat, usahakan untuk menurunkan suhu badannya agar tidak semakin meningkat. Bunda bisa memberikan obat penurun panas dan memakai kompres.

Saat si kecil mengalami gangguan kesehatan, pastikan Bunda telah memiliki pertolongan pertama dengan obat khusus si kecil yang terjamin kualitasnya dari Konimex.

Tags:

Halaman