ARTIKEL

Bukan Cuma Lemas, Cacingan Punya Dampak Jangka Panjang pada Anak!

Apr 07, 2022 10:03am

Jangan remehkan gejala cacingan pada anak, Bunda. Meskipun tidak menyebabkan kematian secara langsung, infeksi cacingan dapat mengancam kesehatan si kecil. Seperti diare, mual, muntah, menurunnya nafsu makan, hingga terganggunya pertumbuhan si kecil.

Jika penyakit cacingan pada anak dibiarkan terus menerus, maka akan menimbulkan dampak jangka panjang yang perlu Bunda waspadai. Berikut ini dampak jangka panjang cacingan pada anak:

  1. Menurunkan Kecerdasan Otak

Cacing yang masuk dan berkembang biak di pencernaan anak menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kondisi ini dapat membuat anak menjadi lemas dan kurang konsentrasi. Anak yang cacingan biasanya akan merasa gatal di area anus pada malam hari, sehingga menyebabkan si kecil sulit tidur. Akibatnya, anak jadi tidak semangat belajar di sekolah keesokan harinya karena waktu tidur yang berkurang. Secara tidak langsung, hal ini akan memengaruhi kecerdasan otak anak.

  1. Menyebabkan Stunting

Cacing yang tumbuh dan berkembang biak di usus menyerap nutrisi termasuk protein dan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Hal ini berdampak pada tubuh yang kekurangan nutrisi dan berisiko terkena anemia. Jika terus berlanjut, kekurangan gizi ini akan mengganggu pertumbuhan anak dan menyebabkan tinggi badan anak kurang atau lebih pendek dari teman-teman seusianya.

  1. Malnutrisi yang Pengaruhi Kesehatan

Kekurangan gizi atau malnutrisi pada anak yang terjadi secara terus menerus ini akan memengaruhi kesehatan si kecil. Anak jadi lebih mudah sakit serta mengalami penurunan kecerdasan otaknya. Anak yang menderita malnutrisi umumnya memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata dengan produktivitas yang rendah.

Efek jangka panjang dari cacingan bisa mempengaruhi kualitas hidup anak. Karena itu, sangat perlu melakukan pencegahan cacingan pada anak. Namun, cacingan juga bisa menyerang orang dewasa. Maka dari itu, jangan lupa minum obat cacing setiap 6 bulan sekali bersama dengan seluruh anggota keluarga termasuk ART jika ada. Pilih obat cacing yang yang mengandung pyrantel pamoate yang dapat menghancurkan cacing tanpa bantuan obat pencahar. Bunda bisa beli di Konimexstore , apotek atau toko obat terdekat yaa.

Tags:

Halaman