ARTIKEL

Bukan Cuma Bunda, Pekerjaan Rumah Tangga Ini Juga Bisa Diajarkan Ayah ke Buah Hati

Dec 16, 2022 9:27am

Selama ini pekerjaan rumah tangga identik dengan hal yang hanya dilakukan oleh Bunda. Padahal, pekerjaan rumah tangga merupakan tanggung jawab seluruh anggota keluarga, termasuk Ayah dan si kecil. 

 

Mengajarkan anak untuk bisa membantu Ayah dan Bunda dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga perlu dilakukan sejak kecil. Bukan cuma untuk berbagi peran, tapi juga untuk mengajarkan kemampuan dasar yang pasti akan berguna untuk anak di masa depan.

 

Bukan hanya Bunda kok yang bisa mengajarkan anak menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Ayah juga punya peran yang penting untuk mengajarkan hal ini pada anak. Beberapa pekerjaan rumah tangga ini bisa lho Ayah ajarkan pada si kecil.

 

Mencuci Piring

 

Mencuci piring adalah pekerjaan rumah tangga paling dasar yang bisa Ayah ajarkan pada anak. Selain tidak terlalu sulit, biasanya anak akan senang melakukan hal ini karena anak bisa bermain air. Di awal, cukup ajarkan anak untuk mencuci piringnya sendiri yang terbuat dari plastik untuk menghindari piring pecah. Jika koordinasi tangan anak sudah bagus, Ayah bisa mengajarkan anak untuk mencuci piring-piring lain yang kotor setelah makan.

 

Memperbaiki Perabotan Sederhana yang Rusak

Beberapa perabotan di rumah bisa saja rusak dan perlu diperbaiki. Inilah saatnya Ayah mengajarkan kemampuan memperbaiki barang sederhana yang ada di rumah. 

 

Misalnya saja, memperbaiki handle pintu yang rusak atau mengganti bohlam lampu yang mati. Tetap awasi si kecil saat melakukan kegiatan ini, lalu pastikan Ayah yang mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sulit agar mengurangi resiko cedera pada anak.

 

Membereskan Kamar

Ayah bisa mengajarkan pada anak untuk membereskan kamar dan bertanggung jawab pada kebersihan kamarnya sendiri. Terkadang, anak enggan membereskan kamar karena ia tidak tahu harus mulai dari mana dan hal apa saja yang harus ia lakukan. 

 

Karena itu, Ayah sebaiknya memberikan contoh pada anak bagaimana cara membereskan kamar yang benar. Jangan lupa untuk memberikan pujian ketika anak sudah menyelesaikan tugasnya meskipun mungkin hasilnya belum terlalu rapi.

 

Merawat Binatang Peliharaan

Memelihara binatang merupakan cara yang baik untuk mengajarkan tanggung jawab sekaligus kasih sayang pada anak. Beri pengertian pada anak jika binatang juga perlu makan dan disayangi sepertinya. Ajari si kecil harus konsisten dalam memberi makan dan mengajak bermain binatang peliharaannya. 

 

Sangat wajar jika anak belum tahu bagaimana cara memperlakukan binatang. Karena itu, Ayah juga harus memberitahu anak untuk memperlakukan binatang dengan lemah lembut serta memperbaiki perilaku anak ketika ia berlaku kasar pada binatang.

 

Mencuci Kendaraan

Mencuci kendaraan juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan antara Ayah dan anak. Anak akan senang bermain air selama proses mencuci kendaraan ini. Ajarkan pada anak pentingnya menjaga kebersihan, termasuk kebersihan kendaraan yang dipakai keluarga. Tetap pastikan anak berhati-hati ya agar tidak terpeleset saat mencuci kendaraan.

Tags:

Halaman