ARTIKEL

Batuk dan Pilek pada anak di tengah Pandemi Covid-19

Jan 16, 2024 11:30am

Batuk dan Pilek pada anak di tengah Pandemi Covid-19

 

Dalam menghadapi tantangan pandemi ini, memiliki pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara gejala batuk dan pilek membantu bunda untuk lebih mudah mengidentifikasi dan mengelola kondisi kesehatan si kecil. Tindakan yang tepat dapat diambil secara lebih efektif ketika kita memahami gejala khusus yang mungkin muncul, memberikan perlindungan maksimal bagi kesehatan anak di tengah ketidakpastian Covid-19. Beberapa perbedaan batuk pilek biasa dengan batuk pilek covid-19, adalah sebagai berikut:

 

Penyebab Batuk Berbeda

  1. Batuk dan Pilek Biasa, disebabkan oleh berbagai jenis virus, seperti rhinovirus atau coronavirus yang umum.
  2. Covid-19, disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

 

Gejala Covid-19

  1. Batuk dan Pilek Biasa, umumnya disertai dengan hidung tersumbat, bersin, dan sakit tenggorokan.
  2. Covid-19, dapat disertai gejala tambahan seperti demam tinggi, kelelahan berlebihan, kehilangan indera penciuman atau perasa, sesak napas, atau nyeri dada.

 

Perbedaan dalam Tingkat Keparahan

  1. Batuk dan Pilek Biasa, seringkali bersifat ringan hingga sedang dan jarang menyebabkan komplikasi serius.
  2. Covid-19, dapat menyebabkan gejala yang lebih berat, terutama pada kelompok rentan seperti lansia atau individu dengan kondisi kesehatan yang mendasar.

 

Waktu Pemunculan Gejala

  1. Batuk dan Pilek Biasa, Gejalanya dapat muncul secara bertahap dan biasanya kurang dari dua minggu.
  2. Covid-19, Gejala dapat muncul secara bertahap atau tiba-tiba dan dapat berlanjut selama lebih dari dua minggu.

 

Penularan dan Isolasi

  1. Batuk dan Pilek Biasa, meskipun tetap perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan, isolasi mungkin tidak selalu diperlukan.
  2. Covid-19, Penting untuk segera melakukan isolasi mandiri dan mengikuti pedoman kesehatan setempat untuk menghindari penularan kepada orang lain.

 

Dengan memahami perbedaan ini dapat membantu bunda dan keluarga untuk mengambil langkah-langkah yang sesuai, seperti mencari perawatan medis jika diperlukan, melakukan isolasi mandiri, dan melibatkan pihak berwenang kesehatan ketika terdapat kecurigaan infeksi Covid-19. Pertolongan pertama yang bisa bunda berikan pada si kecil saat terkena batuk pilek adalah memberikan obat yang aman untuk si kecil, seperti Anakonidin, sirup batuk dan pilek yang aman dikonsumsi si kecil karena tidak mengandung alkohol. Anakonidin tersedia dalam varian rasa cherry yang disukai si kecil, sehingga mempermudah mereka dalam mengonsumsi obat sirup ini bun.

Bunda bisa beli Anakonidin, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex estore, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

 

Tags:

Halaman