ARTIKEL

Ayah Sibuk Bekerja, Bagaimana Agar Tetap Dekat dengan Anak?

Dec 12, 2022 9:54am

Peran keluarga sangat penting dalam perkembangan dan pertumbuhan seorang anak. Bukan hanya kehadirannya saja, namun keterlibatan anggota keluarga dalam kehidupan anak juga memiliki peranan yang besar. 

 

Namun, tidak semua keluarga bisa menghabiskan waktu bersama. Tidak jarang Ayah harus bekerja dan menghabiskan banyak waktu di kantor. Kalau kondisi ini yang sedang dialami, bagaimana ya caranya agar ayah bisa tetap dekat dengan anak meskipun sibuk bekerja?

 

Meluangkan Waktu untuk Video Call di Jam Istirahat

Saat pekerjaan ayah menumpuk, rasanya bekerja dari pagi sampai malam pun belum cukup untuk menyelesaikan semua tugas. Namun, sempatkan waktu untuk menghubungi anak melalui video call di jam istirahat. 

 

Meskipun tidak bisa bertemu secara langsung, tapi video call bisa membuat anak tetap merasakan kehadiran Ayah. Manfaatkan waktu ini untuk menanyakan kegiatan anak dan apa saja kejadian seru yang terjadi di hari ini. Ayah juga bisa lho gantian menceritakan perasaan dan kegiatan ayah kepada si kecil. Tentunya, Ayah bisa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti si kecil ya. 






Bawakan Oleh-Oleh untuk Anak Saat Pulang Kantor

Jam pulang kantor bukan cuma waktu yang dinantikan oleh ayah, tapi juga termasuk si kecil. Ketika ayah sampai di rumah, anak akan menyambut ayah dan berharap bisa menghabiskan sedikit waktu untuk bersama sebelum jam tidur datang. 

 

Untuk semakin menyenangkan anak, tidak ada salahnya membawakan sedikit oleh-oleh untuk si kecil, lho. Ayah bisa membawa pulang snack rapat yang menurut Ayah akan disukai anak. Bisa juga dengan mampir sebentar untuk membeli makanan favorit anak dalam perjalanan pulang ayah dari kantor ke rumah.

 

Luangkan Sedikit Waktu untuk Mengobrol Sebelum Anak Tidur

Bekerja seharian memang melelahkan. Apalagi kalau Ayah harus menempuh perjalanan yang jauh dan macet untuk sampai ke rumah. Namun selelah apapun, luangkan sedikit waktu untuk mengobrol dengan anak sebelum dia tidur. 

 

Beberapa anak mungkin lebih suka diajak bermain atau dibacakan dongeng sebelum tidur, namun ayah juga bisa mengajak anak untuk mengobrol ringan. Apapun kegiatan yang dilakukan, pastikan ayah tetap meluangkan waktu agar si kecil tetap merasakan kehadiran ayah di momen sebelum dia tidur.

 

Lakukan Kegiatan Bersama di Akhir Pekan

Akhir pekan jadi waktu yang tepat untuk bisa melakukan kegiatan bersama si kecil. Untuk ayah yang lebih senang menghabiskan waktu di rumah, bisa lakukan permainan seru bersama anak. Ajak anak melakukan kegiatan fisik yang melatih koordinasi tubuhnya atau kegiatan kreatif yang memicu perkembangan kognitifnya. 

 

Jika ayah ingin mengajak anak untuk berkegiatan di luar rumah, coba sesekali ajak anak berpetualangan di ruangan terbuka seperti mengunjungi kebun binatang atau berkemah.

 

Sesekali Ajak Anak untuk Mengunjungi Kantor Ayah

Pasti ada saja momen ketika anak rewel dan meminta ayah untuk tidak pergi ke kantor. Bisa jadi hal ini terjadi karena si kecil tidak tahu apa itu kantor dan mengapa ayah harus pergi ke kantor. 

 

Agar anak tidak penasaran, sesekali coba ajak anak untuk mengunjungi kantor ayah. Pilih waktu yang tidak terlalu sibuk agar Ayah bisa tetap bisa mengawasi si kecil tanpa membuat pekerjaan Ayah terbengkalai.

Tags:

Halaman