ARTIKEL

Agar Tak Cepat Lapar, Hindari Beri Makanan Ini Pada Anak Saat Sahur!

Apr 27, 2022 5:25am

Salah satu sunnah ibadah puasa adalah melaksanakan sahur, Makan sahur sangat dianjurkan karena memberikan tubuh lebih banyak energi dan tidak mudah merasa lapar saat berpuasa. Namun menyiapkan menu makan sahur tidak bisa sembarangan. Apalagi jika anak baru belajar berpuasa yang tentunya membutuhkan asupan nutrisi terbaik.

Berikan si kecil makanan kaya nutrisi saat sahur agar kuat berpuasa sehari penuh. Agar si kecil tidak cepat haus dan lapar, sebaiknya hindari memberikan makanan ini pada anak saat sahur.

 

  • Makanan dengan Gula Berlebih

 

Makanan manis memang paling cocok disajikan saat berbuka puasa ya, Bunda. Namun sebaiknya hindari memberikan anak makanan manis saat sahur. Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih dapat meningkatkan rasa lapar. Pada akhirnya juga akan berdampak pada penambahan berat badan secara drastis.

Mengonsumsi makanan manis turut meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada pelepasan hormon insulin oleh pankreas. Saat insulin dilepas, glukosa dapat turun hingga di bawah normal dan menyebabkan tubuh lebih cepat lemas, capek, dan mudah mengantuk.

 

  • Makanan Tinggi Karbohidrat

 

Hindari memberikan anak makanan tinggi karbohidrat saat sahur. Makanan tinggi karbohidrat seperti roti putih dapat meningkatkan gula darah dan pada akhirnya dapat memicu rasa lapar. Berlebihan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat saat sahur dapat membuat anak lebih cepat lapar dan haus saat puasa.

 

  • Makanan Olahan yang Tinggi Sodium

 

Selanjutnya hindari memberikan makanan olahan dengan kadar sodium tinggi. Kombinasi lemak, gula, dan banyaknya sodium (garam) memang membuat makanan olahan terasa lebih nikmat. Apalagi pada anak-anak yang lebih menyukai makanan olahan ini.

Namun makanan tinggi sodium juga dapat memicu rasa haus berlebih. Jika si kecil mengonsumsi makanan olahan tinggi sodium saat sahur, bisa jadi ia akan lebih cepat merasa haus di siang hari.

 

  • Makanan dengan Lemak Jenuh

 

Selain makanan olahan, sebaiknya juga hindari memberikan anak makanan tinggi lemak jenuh saat sahur. Makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi seperti ayam goreng atau kentang goreng dapat menyebabkan masalah pada lambung. Terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini dapat membuat perut kembung.

 

  • Minuman Soda

 

Konsumsi minuman bersoda saat sahur dapat menyebabkan sering buang air kecil. Kondisi ini dapat membuat tubuh merasa lebih cepat haus saat puasa. Soda juga dapat mengiritasi dinding lambung serta meningkatkan produksi asam lambung. Jadi sebaiknya hindari memberikan minuman ini pada anak saat sahur ya, Bunda.

Itulah 5 makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada anak saat santap sahur. Perbanyak asupan sayur dan buah-buahan serta ajarkan si kecil untuk minum lebih banyak air putih saat sahur dan berbuka.

Tags:

Halaman