ARTIKEL

Siap-siap Liburan? Waspadai 4 Penyakit yang Rentan Menyerang Anak di Musim Hujan

Dec 30, 2022 3:02pm

Bermain hujan-hujanan adalah hal yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak. Apalagi saat libur sekolah, anak-anak tentu merasa bebas bermain sesuka hati ya, Bunda. 

Namun berbeda dengan si kecil, Bunda tentu merasa was-was dengan kesehatan anak. Memasuki musim hujan, daya tahan tubuh anak dapat menurun sehingga rentan terserang penyakit. Suhu udara yang lebih dingin memicu munculnya berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Berikut ini 4 jenis penyakit khas di musim hujan yang rentan menyerang anak-anak saat liburan:

Batuk dan Flu

Batuk, pilek, dan flu adalah penyakit yang paling sering menyerang anak-anak, khususnya di musim hujan. Virus penyebab penyakit ini dapat dengan mudah menyebar di udara. Ditambah dengan daya tahan tubuh anak yang melemah saat musim hujan, memungkinkan virus batuk dan flu dengan mudah menginfeksi. Gejala awal yang muncul dari penyakit ini umumnya adalah demam dan hidung tersumbat.

Diare

Suhu yang dingin di musim hujan terkadang membuat kita lengah dengan kebersihan diri dan lingkungan. Begitu pula dengan kebersihan makanan yang dikonsumsi. Salah mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi dapat memicu munculnya penyakit diare. Jadi, perhatikan makanan dan camilan yang dikonsumsi si kecil ya, Bunda.

Demam Tifoid (Tifus)

Demam tifoid atau disebut juga dengan tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Sumber penularan penyakit ini yaitu air dan makanan yang terkontaminasi bakteri. Terlebih lagi, bakteri ini dapat bertahan hidup di dalam tubuh manusia dan ditemukan dalam feses serta urine penderitanya. Tidak mencuci tangan dengan benar usai buang air kecil dan buang air besar jadi salah satu faktor penyebaran bakteri ini.

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Musim hujan dengan banyak genangan air jadi tempat yang cocok bagi nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Nyamuk penyebab demam berdarah ini dapat berkembang biak dengan cepat. Mereka menggigit dan membawa virus yang menyerang sistem pembekuan darah. Sehingga kadar trombosit dalam darah menurun.

Jangan lengah ya, Bunda. Selalu siap sedia obat untuk keluarga tercinta di rumah. Bunda bisa mendapatkan obat-obatan yang aman dan terpercaya di Konimexstore. Bila kondisi kesehatan anak memburuk segera periksakan si kecil ke dokter.

Tags:

Halaman