ARTIKEL

Si Kecil Mulai Beraktivitas di Luar Rumah? Ajarkan untuk Selalu Pakai Masker, ya!

Jan 26, 2022 5:12pm

Saat ini mulai banyak aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Namun, bukan berarti kita bisa lengah menghadapi rentannya penularan penyakit. Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan penyakit adalah dengan menggunakan masker. 

Anak-anak rentan terserang penyakit. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini Bund, tentunya menjaga kesehatan anak menjadi hal yang penting dilakukan. Salah satu mencegah penularan virus penyakit adalah dengan mengenakan masker.

Saat ini masker menjadi perlengkapan harian yang perlu ada di dalam tasnya bersama dengan tisu basah atau hand sanitizer. Bukan hal yang mudah untuk meminta anak memakai masker setiap saat. Tapi kini terdapat banyak cara untuk mengajarkan anak selalu pakai masker. Ditambah desain masker yang semakin bervariasi dan menarik perhatian anak. Masker warna-warni dengan beragam motif dan karakter dapat dipadupadankan dengan pakaian dan sepatu anak.

Jadi lebih mudah ya, Bund meminta anak selalu memakai masker dengan warna dan karakter kesukaannya. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak selalu memakai masker di luar rumah:

  1. Memberikan Penjelasan Sederhana tentang Mengapa Harus Memakai Masker

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan penjelasan tentang pentingnya memakai masker. Dalam hal ini, Bunda dan Ayah harus bekerja sama untuk memberikan alasan pentingnya memakai masker secara sederhana dan mudah dipahami anak.

Seperti menjelaskan bagaimana masker bisa melindungi diri dari serangan virus penyakit. Katakan juga dengan memakai masker, ia dapat ikut melindungi orang-orang tersayang dari serangan penyakit.

  1. Orangtua Harus Memberi Contoh yang Benar

Orangtua merupakan role model yang selalu diikuti anak-anaknya. Jadi, berikan contoh yang baik pada si kecil agar ia dengan senang hati mau memakai masker. Pakai masker setiap kali keluar rumah dan perlihatkan bagaimana etika memakai masker yang baik. Seperti tidak melepas-pasang masker terutama saat sedang berbicara dengan orang lain, atau tidak menyentuh masker selama memakainya dan selalu mencuci tangan usai melepas masker.

  1. Pilih Masker dengan Desain Kesukaan Anak

Biarkan anak memilih masker dengan desain kesukaannya. Masker dengan warna dan desain favorit membuat anak senang memakai masker saat di luar rumah. Saat ini tersedia beragam jenis masker yang bisa digunakan seperti masker bedah dan masker kain. Untuk anak dengan penyakit penyerta atau berada di sekitar orang yang sakit sebaiknya menggunakan masker bedah.

  1. Buat Aktivitas Memakai Masker Sebagai Hal yang Menyenangkan

Jangan memaksa apalagi memarahi si kecil untuk memakai masker. Buatlah aktivitas memakai masker sebagai hal yang menyenangkan. Bunda harus lebih bersabar dan ulangi penjelasan pentingnya memakai masker.

  1. Lakukan dengan Durasi Singkat Terlebih Dahulu

Anak yang belum terbiasa memakai masker tentu akan merasa risih dan sulit bernapas. Jadi cobalah lakukan dengan durasi yang singkat terlebih dahulu. Lama kelamaan anak akan terbiasa memakai masker dalam waktu yang lama ketika berada di luar rumah.

Memakai masker memang dapat membantu mengurangi potensi penyebaran penyakit. Namun bila anggota keluarga ada yang sakit, maka sediakan obat-obatan sesuai gejala penyakitnya, Bunda bisa membeli secara online di Konimexstore.

Tags:

Halaman