ARTIKEL

Si Kecil Bosan di Rumah Aja? Coba Akali dengan Cara Cerdas Ini!

Aug 23, 2021 11:37pm

Berdiam diri di rumah terasa sangat membosankan, khususnya bagi anak-anak ya, Bunda. Terutama di masa pandemi saat ini yang mengharuskan seluruh keluarga termasuk anak-anak untuk tetap berada di rumah. Bunda dan keluarga disarankan untuk tidak beraktivitas di luar rumah demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

 

Agar tidak bosan, Bunda bisa lho melakukan kegiatan seru di rumah bersama anak-anak. Tidak hanya menguatkan bonding antara ibu dan anak, beberapa kegiatan menarik ini juga bisa optimalkan tumbuh kembang anak di rumah.

 

 

  • Membaca Buku Bersama

 

Tahukah Bunda, membaca buku bersama memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Rutin melakukan kegiatan ini meningkatkan kemampuan otak anak, termasuk kemampuan berbicara untuk bayi dan balita. Membaca buku bersama juga meningkatkan bonding antara bunda dan si kecil serta meningkatkan imajinasi anak.

 

Bunda bisa membacakan buku cerita kesukaan si kecil. Agar tidak bosan, Bunda bisa meminta si kecil bergantian membacakan buku cerita. Meskipun belum pandai membaca, si kecil pasti hafal seluruh isi buku jika Bunda rutin membacakannya.

 

 

  • Membuat Mainan dari Barang Bekas

 

Kegiatan seru lainnya adalah berkreasi dari barang bekas yang ada di rumah. Bunda bisa mengajak si kecil membuat mainan dari barang bekas. Selain mengasah kreativitas si kecil, Bunda juga bisa menghemat pengeluaran. Daur ulang menggunakan barang bekas sebagai mainan anak juga membantu Bunda meminimalisir sampah rumah tangga. Gunakan barang bekas seperti kardus atau botol plastik. Ajak si kecil membuat mainan kesukaannya, seperti mobil-mobilan, kapal, pesawat, atau rumah-rumahan. 

 

 

  • Bermain Board Games

 

Bermain board games atau permainan papan bermanfaat melatih kecerdasan anak. Seperti kemampuan anak menyusun strategi serta mengajarkan kesabaran dan kesadaran anak untuk mengantri menunggu gilirannya bermain. Beberapa jenis board games yang bisa Bunda mainkan bersama si kecil seperti ular tangga, mouse trap, catur, dan sebagainya. Perlu diingat Bunda, pilihlah permainan yang sesuai dengan usia dan kemampuan si kecil, ya.

 

 

  • Ajak Si Kecil Olahraga Bersama

 

Tetap bergerak dan beraktivitas walau di rumah aja. Ajak si kecil bergerak seperti melakukan olahraga ringan bersama. Bunda bisa mengajak si kecil melakukan olahraga ringan seperti berjalan mengelilingi rumah, senam, atau yoga. Bisa juga dengan meminta si kecil membersihkan rumah bersama seperti mengepel atau menjemur pakaian agar si kecil tetap aktif bergerak. 

 

 

  • Memasak Camilan Kegemaran Anak Bersama-sama

 

Bereksplorasi di dapur menjadi kegiatan seru untuk si kecil. Bunda bisa memperkenalkan berbagai rasa serta melatih kemampuan motorik anak. Tidak hanya meningkatkan bonding, memasak bersama bisa mengasah kreativitas, membangun rasa percaya diri serta mengajarkan si kecil tanggung jawab dan bekerja sama dalam tim. 

 

Memasak bersama juga bermanfaat untuk si kecil yang picky eater. Kenalkan si kecil pada beraneka jenis sayur dan buah. Bisa juga dengan mengajak si kecil membuat camilan favoritnya bersama-sama. 

 

Meskipun hanya di rumah saja, namun si kecil tetap bisa mengalami masalah kesehatan. Apalagi, saat terjadi perubahan cuaca yang membuat daya tahan tubuh anak melemah. Anak bisa saja mengalami masalah kesehatan seperti panas demam. Sebagai pertolongan pertama pada gangguan panas demam anak, Bunda bisa memberikan Termorex dan Termorex Patch.

Tags:

Halaman