ARTIKEL

Sebentar Lagi Tahun Ajaran Baru, Bagaimana Agar Si Kecil Punya Banyak Teman?

May 29, 2022 9:57pm

Memasuki tahun ajaran baru, Bunda sebagai orangtua tentu telah mempersiapkan segala kebutuhan anak. Apalagi untuk si kecil yang baru akan memulai sekolahnya di tahun ini. Tentunya hari pertama sekolah akan menjadi momen yang ditunggu sekaligus mendebarkan bagi Bunda dan si kecil.

Di hari pertama sekolah, anak akan bertemu guru dan teman baru sekaligus belajar banyak hal baru. Bunda mungkin khawatir tentang bagaimana sikap anak di hari pertamanya sekolah. Apakah ia akan mendapatkan banyak teman baru? Atau hanya duduk di kelas dan menjadi pribadi yang pendiam karena merasa canggung dan malu.

Nah, untuk mengurangi rasa khawatir yang berlebih, Bunda bisa melakukan beberapa cara ini agar si kecil punya banyak teman di sekolahnya.

  1. Memberikan pengertian sederhana tentang teman

Berikan pengertian sederhana tentang sosok teman. Apa itu teman, bagaimana cara bersikap, dan bagaimana sebaiknya cara berteman yang baik. Bisa juga dengan memberikan penjelasan sederhana tentang manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan seseorang untuk berbicara dan saling membantu.

  1. Mengajak anak playdate dengan saudara yang seumuran

Ajak anak untuk sering bermain di luar dengan teman sebayanya. Jika di lingkungan rumah banyak teman sebayanya, Bunda bisa mengajak anak bermain di luar saat pagi atau sore hari. Sebagai alternatif, Bunda bisa membuat janji playdate dengan saudara sepupu anak yang seumuran dengannya. Cara ini membantu si kecil untuk lebih mudah akrab dengan teman sebayanya.

  1. Mengajarkan anak untuk berani menyapa teman baru

Selanjutnya, ajarkan si kecil menjadi anak yang pemberani. Mintalah si kecil untuk memulai percakapan dan menyapa lebih dulu teman barunya. Ajarkan si kecil kalimat sapa yang baik dan cara memulai obrolan yang ringan. Seperti menanyakan kabar atau hobi pada teman barunya.

  1. Beritahu anak untuk selalu bersikap baik dan sopan

Tidak hanya mengajarkan keberanian dan rasa percaya diri untuk memulai percakapan, Bunda juga perlu mengajarkan anak untuk bersikap ramah dan sopan. Hal ini penting untuk mendapatkan banyak teman di sekolah barunya.

  1. Beri pemahaman jika tidak semua perbuatan teman boleh ditiru

poin penting lainnya adalah pemahaman tentang mana yang baik dan mana yang buruk. Berikan si kecil pemahaman bahwa tidak semua perilaku temannya dapat ditiru atau dicontoh. Berikan contoh sikap apa saja yang sebaiknya tidak ditiru dan apa saja yang bisa ditiru dari teman barunya.

Tags:

Halaman