ARTIKEL

Permainan Ini Bisa Bantu Si Kecil Kembangkan Kecerdasan Emosional

Aug 31, 2021 10:13pm

Kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam tumbuh kembang dan masa depan anak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh pada kesuksesan anak di masa depan. Anak dengan kecerdasan emosional tinggi mampu mengelola emosinya, menerima dirinya dan orang lain, serta lebih berempati pada orang lain dan lingkungan.

 

Kecerdasan emosional akan terus berkembang sesuai tahapan usia anak. Meski demikian, Bunda perlu memberikan stimulasi untuk mengoptimalkan kecerdasan emosional anak. Beragam kegiatan sederhana dapat Bunda gunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak. Seperti beberapa aktivitas ini yang bisa Bunda pilih untuk mengisi waktu ketika anak berada di rumah.

 

 

  • Bermain Boneka Tangan

 

Memainkan boneka tangan bersama-sama bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Tidak hanya melatih kemampuan motorik kasar dan halusnya, tapi juga mengembangkan kemampuan komunikasi dan bahasa si kecil. Selain itu, memainkan boneka tangan meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Bermain boneka tangan juga mengajarkan si kecil beragam emosi serta memudahkan si kecil bersosialisasi.

 

 

  • Mengajak Anak Menyumbangkan Sebagian Mainan Mereka

 

Kebiasaan baik perlu diajarkan sejak dini pada anak. Termasuk mengajarkan si kecil untuk beramal kepada sesama tanpa paksaan. Bunda bisa mengajak si kecil untuk menyumbangkan sebagian mainannya yang masih bagus dan sudah jarang dimainkan kepada sesama. 

 

Daripada membiarkan mainan anak terus menumpuk hingga akhirnya tidak terpakai dan terbuang, lebih baik mengajak si kecil untuk memberikan sebagian mainannya, kan. Ajak anak memilah mana mainan yang masih ia mainkan dan mana yang tidak. Mintalah si kecil untuk berbagi pada temannya atau menyumbangkan pada orang lain yang membutuhkan.

 

 

  • Sesi Curhat Antar Anggota Keluarga

 

Tanpa disadari, sesi curhat ini penting untuk kesehatan mental keluarga khususnya bagi anak-anak. Kegiatan ini bermanfaat membangun dan menjaga komunikasi antara orangtua dan anak serta menambah rasa saling percaya dan merasa dipercaya. 

 

Melalui sesi curhat ini, Bunda bisa mengajarkan anak untuk menjadi pendengar yang baik serta mengajarkan si kecil tanggung jawab. Mendengarkan cerita si kecil seputar keluh kesahnya atau masalah yang sedang dihadapinya, dapat membuat si kecil merasa dianggap dan disayangi lho, Bunda. Si kecil juga jadi lebih percaya diri untuk bercerita pada Bunda.

 

 

  • Ajak Anak Membaca Dongeng yang Mendidik

 

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan membaca dongeng bersama si kecil. Bunda bisa membacakan buku cerita pada anak sejak usia dini untuk menumbuhkan minat membaca. Selain itu, membacakan dongeng yang mendidik juga membantu si kecil memiliki kecerdasan emosional yang baik lho, Bunda. 

 

Manfaat lainnya yaitu menambah kosakata baru pada si kecil. Semakin banyak kosakata yang ia tahu, anak semakin mudah berkomunikasi dan mengungkapkan keinginannya. Sehingga anak menjadi lebih percaya diri bersosialisasi dengan teman dan lingkungan.

 

 

  • Ajak Anak Memberi Bantuan untuk Tetangga atau Orang Lain yang Membutuhkan di Masa Pandemi

 

Salah satu ciri anak memiliki kecerdasan emosional tinggi adalah adanya rasa empati yang tinggi pada orang lain dan lingkungan. Nah, masa pandemi ini dapat Bunda manfaatkan untuk mengajarkan si kecil berempati terhadap sesama. Ajaklah si kecil memberikan bantuan kepada orang lain, khususnya kepada tetangga di dekat rumah yang membutuhkan. 

 

Anak yang cerdas secara emosional akan tumbuh menjadi sosok yang bisa lebih berempati dengan orang lain. Jangan sampai proses belajar si kecil terganggu karena panas demam. Ketika anak beraktivitas di rumah, bisa saja ia mengalami gangguan panas demam.

 

Untuk pertolongan pertama pada panas demam anak, Bunda bisa memberikan Termorex Sirup dan Termorex Patch. Termorex memiliki 3 varian yang dapat disesuaikan dengan usia dan gejala yang dialami anak, di antaranya yaitu:

  • Termorex sirup obat turun panas dengan rasa jeruk 
  • Termorex Baby untuk meringankan rasa sakit dan menurunkan panas demam pada bayi.
  • Termorex Plus untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan Termorex Patch untuk menurunkan demam anak. Termorex Patch adalah plester kompres demam yang aman dan praktis untuk bayi dan anak. Termorex Patch terbuat dari hydrogel yang efektif panas dan tahan hingga 8 jam. Termorex Sirup dan Termorex Patch bisa digunakan bersama untuk membantu meringankan demam anak.

 

Dengan Termorex Sirup dan Termorex Patch, Bunda tidak perlu panik lagi saat si kecil tiba-tiba panas demam ketika beraktivitas di rumah.

Tags:

Halaman