ARTIKEL

Peran Pola Makan Sehat dalam Mendukung Kekebalan Tubuh Anak Melawan Flu dan Batuk

Jan 31, 2024 8:03am

Peran Pola Makan Sehat dalam Mendukung Kekebalan Tubuh Anak Melawan Flu dan Batuk  

 

Flu dan batuk merupakan masalah kesehatan umum yang sering menyerang si kecil. Salah satu cara efektif untuk melindungi si kecil dari serangan penyakit ini adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Pola makan yang sehat dan seimbang dapat memainkan peran penting dalam mendukung kekebalan tubuh si kecil. Berikut terdapat penjelasan mengenai peran pola makan sehat dalam meningkatkan daya tahan tubuh si kecil terhadap flu dan batuk.

 

  •  Konsumsi Nutrisi yang Cukup  

Nutrisi yang cukup adalah kunci untuk memastikan kekebalan tubuh si kecil tetap optimal. Pastikan si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang, termasuk vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin D, zinc, dan lainnya. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, sementara vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan zinc mendukung fungsi sel kekebalan tubuh.

  • Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur  

Buah dan sayur mengandung serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, sementara vitamin dan mineral mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Berikan variasi buah dan sayur kepada si kecil agar mereka mendapatkan manfaat yang maksimal dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

  • Hindari Makanan Proses dan Gula Berlebihan  

Makanan olahan dan mengandung gula berlebih dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hindari memberikan si kecil makanan yang mengandung bahan tambahan yang berpotensi merugikan kesehatan mereka. Gula berlebihan dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi. Pilih makanan yang alami dan sehat untuk mendukung kekebalan tubuh si kecil.

  • Asupan Cairan yang Cukup  

Minum cukup air penting untuk menjaga kelembapan sel-sel tubuh dan membantu fungsi organ-organ tubuh, termasuk sistem kekebalan. Pastikan si kecil minum air secukupnya setiap hari. Jus buah alami dan kaldu sayur juga bisa menjadi pilihan untuk menambahkan cairan dan nutrisi ekstra.

  • Pentingnya Asupan Protein  

Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kekebalan tubuh. Pastikan si kecil mendapatkan asupan protein yang cukup melalui makanan seperti daging, ikan, telur, dan produk susu. Protein membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan jika si kecil terkena flu atau batuk.

 

Dengan memperhatikan pola makan sehat, bunda dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil terhadap flu dan batuk. Tindakan pertama yang bisa bunda berikan pada si kecil untuk mengatasi gejala flu dan batuk adalah dengan memberikan obat yang aman seperti Termorex Plus. Termorex Plus adalah sirup obat yang telah terbukti efektif dalam meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Termorex Plus memiliki varian rasa jeruk yang disukai oleh anak-anak, sehingga lebih mudah diterima oleh mereka. Yang lebih penting, Termorex Plus aman dikonsumsi karena tidak mengandung alkohol. 

 

Bunda bisa beli Termorex Plus, di Apotek dan toko obat terdekat, atau beli secara online di Official Store Konimex di e-commerce favorit Bunda seperti Konimex estore, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

 



Tags:

Halaman