ARTIKEL

Penyebab Batuk Pilek Pada si kecil

Jun 26, 2023 6:04am

Mempelajari tindakan pencegahan terhadap batuk pilek berkepanjangan pada anak tidak akan lengkap tanpa mempelajari penyebab terjadinya penyakit tersebut. Ketika mengetahui apa saja yang menyebabkan batuk dan pilek pada si kecil, bunda bisa lebih berhati-hati dalam memberikan pencegahan.

Inilah 3 Penyebab batuk pilek berkepanjangan pada anak
Bagi sebagian orang tua, penyakit batuk dan pilek merupakan penyakit umum yang memang tak terhindarkan. Para orang tua itu menganggap bahwa batuk dan pilek merupakan akibat dari perubahan cuaca yang tak menentu. Tapi tentu saja, bukan hanya hal itu saja yang menjadi alasan mengapa si kecil bisa batuk dan pilek. Simaklah ulasan di bawah ini untuk mengetahui apa yang dapat menyebabkan si kecil bunda batuk dan pilek.

Terinfeksi Virus Penyebab Batuk dan Pilek
Penyebab utama terjadinya batuk pilek berkepanjangan pada anak tidak lain dan tidak bukan adalah infeksi dari virus HRV dan RSV. Ini merupakan penyebab utama mengapa si kecil bisa mengalami batuk dan pilek. Tanpa adanya virus penyebab batuk dan pilek tentunya si kecil tidak akan terserang kedua penyakit tersebut.

Namun, tubuh si kecil memiliki antibodi untuk melawan virus-virus yang masuk ke tubuhnya. Tidak semua virus yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan si kecil sakit begitu saja, melainkan ada faktor pendukung lainnya. bunda tidak mungkin bisa melihat dan menghindarkan si kecil dari infeksi berbagai macam virus di dunia luar. Yang bisa bunda lakukan adalah memastikan virus itu tidak cukup kuat untuk menumbangkan buah hati kesayangan bunda.

Apabila bunda merasa sudah muncul gejala batuk pilek pada anak, segera minta si kecil minum obat batuk pilek seperti Anakonidin Merah. Anakonidin Merah adalah Sirup obat batuk dan pilek tanpa alkohol dengan rasa cherry yang disukai anak, Anakonidin sirop obat batuk pilek ini pun tersedia dalam kemasan 30 dan 60ml, jadi bisa Bunda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tertular Oleh Orang Lain
Sebagai orang tua, bunda tentu akan memastikan lingkungan rumah selalu bersih agar si kecil bisa tinggal dengan nyaman dan aman. Hidup bersih dan sehat memang cara yang ampuh untuk menurunkan kemungkinan si kecil bisa sakit. Sayangnya, kondisi di dunia luar tentu tidak bisa bunda kendalikan apalagi kondisi dari orang lain.

batuk dan pilek pada orang terdekat si kecil bisa meningkatkan kemungkinan si kecil turut terserang batuk dan pilek. Oleh karena itu, jauhkan si kecil dari orang-orang yang sedang batuk atau pilek terlebih dahulu agar tidak tertular. Jangan lupa memberi pengertian pula kepada si kecil untuk menjaga jarak dari mereka yang sedang batuk dan pilek.

Daya Tahan Tubuh yang Menurun
Seperti yang bunda ketahui bahwa virus dalam jumlah sedikit bisa dengan mudah dibunuh oleh antibodi tubuh. Namun, jumlah virus yang masuk ke tubuh tidak bisa jadi patokan mungkin tidaknya si kecil terserang batuk dan pilek. Daya tahan tubuh pun memiliki peranan penting dalam hal ini.

Sekecil apapun jumlah virus yang masuk ke tubuh akan mempengaruhi kesehatan dan bahkan membuat si kecil jatuh sakit bila antibodi tidak bekerja seperti biasanya. Oleh karena itu, bunda harus memberi si kecil makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuhnya tetap prima. bunda juga bisa menambahkan vitamin bila memang si kecil membutuhkannya untuk menjaga daya tahan tubuhnya,

Itulah beberapa penyebab batuk pilek berkepanjangan pada anak yang bisa bunda ketahui. Sekarang, bunda bisa lebih mengantisipasi dan berhati-hati agar si kecil tidak mudah jatuh sakit. Pastikan bunda juga membuat si kecil bunda mengerti untuk menjaga diri sendiri dan lingkungannya agar selalu bersih sehingga dapat terhindar dari penyakit.

Tags:

Halaman