ARTIKEL

Musim Kemarau Datang, Cegah Anak Dehidrasi dengan Cara Ini!

May 29, 2022 9:50pm

Padatnya aktivitas turut menguras cairan dalam tubuh. Apalagi jika dilakukan saat cuaca panas, cairan tubuh akan semakin cepat berkurang. Akibatnya, tubuh akan kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi.

Anak-anak rentan mengalami dehidrasi, terutama setelah bermain di bawah terik matahari. Tidak hanya merasa sangat haus, gejala dehidrasi pada anak lainnya seperti mulut kering, konsentrasi berkurang, serta tubuh yang lemas. Sebagai pencegahan, lakukan beberapa tips ini agar anak tidak mengalami dehidrasi, Bunda.

  1. Menambah jumlah konsumsi air putih

Cara terbaik mencegah dehidrasi adalah perbanyak konsumsi cairan. Konsumsi air putih jadi pilihan yang baik agar tubuh tetap terhidrasi. Namun hindari memberikan air dengan suhu panas atau terlalu dingin, Bund.

Suhu tubuh anak akan meningkat ketika beraktivitas. Memberikan air putih dingin akan memaksa penurunan suhu tubuh dengan cepat. Begitu pula sebaliknya, minum air panas saat cuaca panas akan memicu tubuh berkeringat lebih banyak. Sebaiknya berikan si kecil air putih dengan suhu normal atau sejuk untuk mencegah dehidrasi di musim kemarau.

  1. Menghindari bermain di luar ruangan pada siang hari

Cara lainnya mencegah dehidrasi pada anak yaitu dengan menghindari bermain di bawah terik matahari. Bunda bisa mengajak si kecil bermain bersama di dalam rumah. Beberapa permainan yang bisa dimainkan di dalam rumah seperti puzzle, balok susun, atau bermain peran. Kegiatan seru lainnya yang bisa Bunda lakukan bersama anak seperti melukis atau membuat kue.

  1. Memberikan pakaian longgar yang menyerap keringat

Suhu panas di musim kemarau membuat tubuh lebih cepat berkeringat. Untuk mencegahnya, Bunda bisa berikan si kecil pakaian yang longgar dan nyaman serta menyerap keringat. Memakai pakaian longer di musim kemarau juga membantu tubuh terhindar dari penyakit kulit seperti eksim dan biang keringat.

  1. Menjaga sirkulasi udara di dalam rumah

Banyak berkeringat membuat cairan tubuh cepat berkurang hingga mengalami dehidrasi. Jadi sebaiknya, jaga sirkulasi udara di dalam ruangan tetap sejuk dan nyaman. Bunda bisa menyalakan AC atau kipas angin untuk menjaga sirkulasi udara tetap sejuk saat cuaca panas.

  1. Memberi buah dengan kandungan air yang tinggi

Cara alternatif menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan mengonsumsi buah. Pilih buah dengan kandungan air tinggi seperti jeruk, semangka, melon, dan nanas. Beberapa buah juga mengandung kalori yang dapat menyumbang energi untuk mendukung aktivitas anak.

Tags:

Halaman