ARTIKEL

Musim Hujan Telah Datang, Waspada Bahaya Anak Flu

Jan 08, 2020 11:27am

Musim hujan sudah mulai datang! Artinya, Bunda perlu meningkatkan kewaspadaan karena flu kerap datang menyerang. Bukan hanya menyerang orang dewasa, tapi juga si kecil yang cenderung lebih rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu, perlu dilakukan sejumlah hal untuk membantu mencegah anak flu pada musim hujan ini. Ini dia beberapa di antaranya, Bunda!

Selalu jaga kebersihan di sekitar anak

Flu disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan. Biasanya, virus flu sangat mudah ditularkan melalui butiran liur saar penderitanya batuk atau bersin. Nah, benda-benda yang terkontaminasi butiran liur tersebut pun rentang menjadi media penularan, Bunda. Karena itu, penting bagi Bunda untuk selalu menjaga kebersihan, terutama di sekitar anak agar ia bisa terhindar dari flu saat musim hujan.

Rutinlah mengelap perabotan di rumah, menyapu, dan mengepel lantai untuk memastikan tidak ada virus flu yang menempel. Bagi si kecil yang memang memiliki kondisi lebih rentang terhadap flu, tidak ada salahnya juga untuk melakukan vaksinasi di dokter.

Ajarkan anak rajin mencuci tangan

Selain benda-benda di sekitar, tangan juga bisa menjadi media penularan flu yang cepat. Bahkan tidak hanya flu, berbagai penyakit lain juga bisa masuk ke tubuh melalui tangan. Bisa jadi saat anak memasukkan tangan ke mulut atau menyentuh hidung, virus yang tertempel pada tangan akan ikut masuk dan menyebabkan anak flu.

Oleh sebab itu, yuk mulai ajarkan anak untuk rajin mencuci tangan. Bunda bisa memutarkan video di YouTube tentang cara mencuci tangan yang benar. Idealnya, Bunda dan si kecil harus menggosok seluruh bagian tangan, bahkan sampai ke area pergelangan, menggunakan sabun khusus cuci tangan. Gosok selama kurang lebih dua puluh detik, lalu bilas dengan air bersih.

Pakai masker di dekat orang terkena flu

Kita tidak pernah tahu kapan dan di mana virus flu bertebaran. Pencegahan menjadi hal penting yang harus dilakukan demi mencegah anak flu. Selain cuci tangan, Bunda juga bisa memakaikan masker pada si kecil saat berada di keramaian atau ketika ada orang terdekat yang kena flu.

Pastikan masker tersebut menutupi hidung dan mulut si kecil secara sempurna ya, Bunda. Setelah masker selesai dipakai, segera buang ke tempat sampah dan ajak si kecil untuk mencuci tangan seperti yang sudah diajarkan sebelumnya.

Berikan asupan sayur dan buah-buahan

Selain pecegahan dari luar, Bunda juga perlu melakukan pencegahan dari dalam tubuh si kecil. Artinya, asupan makanan dan minuman pun harus diperhatikan. Pastikan Bunda selalu memberinya sayur dan buah-buahan. Aneka kandungan vitamin dan nutrisi dalam sayur dan buah bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Bahkan apabila diperlukan, Bunda juga bisa menambahkan asupan vitamin. Namun, untuk hal satu ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan vitamin yang diberikan sudah benar dan tidak membahayakan kesehatan si kecil.

Bagaimana jika anak sudah terkena flu?

Bunda sudah melakukan berbagai cara demi mencegah anak flu saat musim hujan, tapi mungkin hal tersebut masih saja terjadi. Lalu, apa yang harus Bunda lakukan jika anak tetap saja terkena flu?

Jangan panik, Bunda. Biasanya si kecil akan mulai bersin atau batuk sebagai gejala terkena flu. Coba bantu kurangi gejalanya dengan memberikan air mineral hangat kepada si kecil. Tidak lupa menambahkan asupan sayur dan buah-buahan. Lalu, saat si kecil mandi, gunakan air hangat. Apabila kondisi anak flu tidak kunjung reda dalam beberapa hari, segera bawa ia ke dokter.

 

Flu memang menjadi salah satu penyakit yang kerap menyerang anak saat musim hujan. Namun, tidak ada salahnya melakukan berbagai hal di atas demi mencegah anak flu. Semoga si kecil dan Bunda sehat terus, ya!

Photo Credit: Pexels

Tags:

Halaman