ARTIKEL

Mengajari Anak Bersedekah Saat Puasa, Bunda Bisa Mulai dengan Langkah Ini!

Apr 30, 2022 11:20am

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk bersedekah. Di bulan penuh berkat ini, Bunda juga bisa mulai mengajarkan kepada anak untuk bisa bersedekah dengan orang yang kurang beruntung. Terdapat cara yang bisa Bunda lakukan agar proses mengajarkan anak bersedekah di Bulan Ramadan lebih bermakna.

 

Ajarkan Nilai dan Konsep yang Mudah Ia Pahami

Mengajarkan anak bersedekah bisa dimulai dengan memberitahunya mengenai nilai dan konsep dengan bahasa yang mudah dipahami. Jelaskan mengapa kita perlu bersedekah dengan orang yang kurang mampu dan ajarkan pula jika bersedekah perlu dilakukan dengan hati yang ikhlas.

 

Berikan Apresiasi untuk Anak

Bersedekah bukanlah perbuatan yang harus dipamerkan dan menjadi ajang untuk mendapatkan pujian orang lain. Namun di usia anak yang masih kecil, tidak ada salahnya untuk memberikan apresiasi atas sikap tulusnya yang mau berbagi dengan orang lain. Bunda bisa memberi tahu si kecil jika perbuatannya sangat baik dan membuat Bunda merasa bangga padanya.

 

Buat Jadi Momen yang Selalu Dinantikan Keluarga

Bersedekah seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan hati. Karena itu, jadikanlah bersedekah sebagai momen yang selalu dinantikan keluarga. Selama bulan Ramadan misalnya, luangkan waktu setiap Jumat untuk memasakkan menu buka puasa untuk dibagikan pada orang-orang kurang beruntung di pinggir jalan. Ajak si kecil untuk terlibat dalam prosesnya agar ia ikut merasakan bahagianya berbagi dengan sesama.

 

Ajarkan Secara Konsisten

Untuk membuat anak memahami makna bersedekah, maka ajarkan hal ini secara konsisten. Bunda bisa lebih sering memberi tahu si kecil jika banyak orang yang harus berjuang keras untuk bisa makan di jam buka puasa. Maka dari itu, perlu rasa syukur dan keikhlasan untuk berbagi dengan orang lain. Saat bulan Ramadan usai, tidak ada salahnya juga untuk meneruskan kebiasaan baik bersedekah.

Tags:

Halaman