ARTIKEL

Makanan dan Minuman Ini Bantu Turunkan Demam si Kecil, yuk Sediakan di Rumah!

Mar 26, 2021 10:25pm

Saat demam menyerang, Bunda tentu khawatir dan was-was dengan keadaan si kecil. Umumnya, demam pada anak terjadi saat kondisi suhu tubuh mencapai 37,5 derajat Celcius atau lebih. Demam atau panas pada anak biasanya menjadi tanda tubuh si kecil sedang melawan infeksi. Bisa juga menjadi tanda adanya penyakit tertentu yang sedang menyerang si kecil.

 

Namun jangan panik, Bund, ketika mendapati si kecil demam. Pertolongan pertama yang bisa Bunda berikan untuk mengatasi demam pada anak seperti kompres dan memberikan obat penurun panas.

 

Selain kompres dan obat penurun panas, ada juga lho, Bunda makanan dan minuman yang bisa membantu menurunkan demam pada anak. Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa Bunda berikan untuk menurunkan panas si kecil:

 

  • Buah-buahan

Walaupun tidak langsung menghilangkan demam dalam sekejap, buah-buahan membantu tubuh melawan infeksi dan menambah asupan cairan yang hilang karena demam. Buah-buahan penurun panas ini di antaranya yaitu jeruk, semangka, alpukat, dan air kelapa.

 

Buah beri seperti stroberi, blueberry dan blackberry juga dapat menurunkan panas pada anak. Buah-buahan ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan serta melawan infeksi penyebab demam.

 

  • Madu

Madu jadi salah satu obat alami untuk mengatasi demam hingga sakit tenggorokan yang digunakan secara turun-temurun. Beberapa penelitian menunjukkan, madu dapat mengurangi batuk dan meredakan iritasi di tenggorokan.

 

Bunda bisa memberikan madu secara langsung atau mencampurnya dengan air hangat. Perlu diingat Bunda, jangan berikan madu pada anak di bawah usia 12 bulan karena berisiko anak terkena botulisme.

  

  • Sup Ayam

Sup ayam kaya akan protein dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Melansir dari Food Detik, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Nebraska Medical Center, Omaha, ditemukan bahwa sup ayam mengandung senyawa anti inflamasi yang bisa mencegah demam dan pilek semakin parah.

 

Sup ayam juga dipercaya memberikan efek psikosomatis yang dapat memberikan rasa nyaman ketika tubuh dalam keadaan tidak fit.

  

  • Wortel

Wortel bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghindarkan bakteri dan virus. Bunda bisa menambahkan wortel dalam menu makanan si kecil atau dikukus hingga lembut. Bisa juga disajikan sebagai sup wortel.

 

  • Teh Hijau

Tidak hanya bermanfaat menurunkan berat badan, teh hijau juga membantu menurunkan demam. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Teh hijau juga membantu menstabilkan suhu tubuh, terutama ketika terjadi perubahan suhu saat hujan turun.

 

  • Teh Hangat

Cairan hangat membantu tenggorokan yang sakit menjadi lebih nyaman dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Ketika anak demam, Bunda bisa berikan cairan hangat untuk mengatasinya.

 

Salah satunya adalah teh hangat yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta melegakan hidung yang tersumbat akibat pilek. Jika si kecil kurang menyukai teh, Bunda bisa menambahkan perasan lemon. Seperti diketahui, lemon kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Tags:

Halaman