ARTIKEL

Kenapa Sih Si Kecil Sering Batuk di Malam Hari?

Jul 16, 2021 9:18am

Bunda, pernahkah si kecil mengalami batuk di malam hari? Kondisi ini sangat mengganggu dan membuat anak tidak bisa tertidur nyenyak ya, Bund. Batuk tak melulu disebabkan karena penyakit. 

 

Beberapa hal di luar penyakit yang menjadi penyebab batuk seperti aktivitas tenggorokan membersihkan saluran pernapasan dari asap dan gas, atau proses menelan makanan dan minuman yang tidak sesuai. Lalu, apa penyebab anak batuk di malam hari?

 

Melansir dari Alodokter, Batuk merupakan cara alami tubuh membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan dari kuman, virus, serta polusi dan kotoran, seperti debu, asap rokok, atau lendir. Batuk juga sering dirasakan ketika sedang flu, alergi, atau asma.

 

Berikut tiga penyebab umum anak sering mengalami batuk di malam hari, perlu diwaspadai ketika batuknya semakin parah ya, Bund.

 

  1. Udara di Malam Hari Lebih Dingin dan Kering

Batuk di malam hari bisa terjadi akibat suhu udara yang lebih dingin dibandingkan di siang hari. Biasanya, suhu udara di malam hari terasa lebih dingin dan kering. Apalagi jika Bunda dan keluarga tidur dengan menyalakan AC.

 

Cobalah perhatikan kondisi batuk anak di malam hari. Jika anak batuk akibat udaha dingin, hangatkan si kecil dengan selimut atau balsem penghangat. Naikkan suhu kamar jika memang dirasa terlalu dingin.

 

  1. Adanya Alergi yang Memicu Batuk

Udara dingin di malam hari juga bisa memicu munculnya alergi. Anak dengan riwayat penyakit asma juga memiliki lebih banyak kemungkinan kambuh di malam hari karena terpapar udara dingin. Sebaiknya hindari udara dingin di malam hari jika anak batuk terus menerus. Selain menggunakan selimut, Bunda juga bisa meminta anak untuk memakai pakaian lengan panjang di malam hari untuk menghindari dingin.

 

  1. Posisi Tidur

Posisi tidur juga bisa menjadi penyebab anak batuk di malam hari. Posisi berbaring membuat lendir menggenang di bagian belakang tenggorokan dan memicu batuk. Untuk mengatasinya, Bunda bisa menambahkan bantal agar posisi kepala anak lebih tinggi dari badannya. Sehingga lendir tidak menggenang di tenggorolan dan memicu batuk.

Untuk mengatasi batuk, kami merekomendasikan AnaKonidin Herbal untuk meredakan batuk pada anak. AnaKonidin Herbal Anakonidin Herbal adalah sirup obat batuk herbal untuk anak dengan rasa cherry mint yang terbuat dari bahan jamu dan tanpa kandungan alkohol.

 

Selalu sedia AnaKonidin Herbal untuk meredakan batuk anak di malam hari ya, Bunda,  karena #BedaBatuknyaBedaAnakonidinnya.

Tags:

Halaman