ARTIKEL

Kenali Perbedaan Gejala Flu pada si kecil

Jun 25, 2023 7:35pm

Flu merupakan salah satu penyakit yang sering kali menyerang si kecil. Entah karena cuaca yang dingin atau memang kondisi tubuh si kecil yang pada saat itu sedang turun. Penyakit yang satu ini sering kali dianggap sepele oleh para orang tua. Pun banyak yang tidak tahu Beda Flu biasa dan Flu parah pada anak. Akhirnya, semua flu orang tua anggap flu biasa padahal ada kemungkinan si kecil membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Agar bisa mengetahui bagaimana penanganan yang tepat terhadap flu si kecil tentunya bunda harus mengetahui seperti apa gejala penyakit yang si kecil alami. Dengan begitu, barulah bunda bisa menemukan solusi yang tepat untuk merawat si kecil di rumah atau membawanya ke rumah sakit.

Apa Beda Flu biasa dan Flu parah pada anak?
Penting untuk bunda ketahui bahwa flu terbagi menjadi dua, yaitu flu biasa dan flu berat. Flu biasa ini bunda kenal dengan sebutan pilek atau hidung tersumbat. Sedangkan untuk flu berat ini merupakan influenza. Penyebab dari kedua penyakit ini jelas berbeda sehingga penanganan dan pengobatannya pun akan sangat berbeda.

Inilah kenapa bunda sebagai orang tua harus bisa membedakan dengan baik flu seperti apa yang sedang si kecil bunda alami. Berikut ini adalah Beda Flu biasa dan Flu parah pada anak yang bisa bunda ketahui. Pastikan mengingatnya dengan baik agar tidak tertukar-tukar lagi.

Flu Biasa (Pilek)
Pertama bunda bisa mempelajari mengenai gejala penyakit pilek si kecil. Penyakit pilek ini biasa menunjukkan gejala seperti tidak enak badan dan munculnya rasa tak nyaman di area hidung. Untuk gejala tidak enak dibadan mungkin si kecil tidak bisa mengungkapkannya dengan jelas kepada bunda. Karena keterbatasan kosa kata maupun kemampuan mengekspresikan diri.

bunda bisa bertanya kepada si kecil dengan bahasa yang ringan untuk mendeskripsikan apa yang mereka rasakan di sekitar hidung. Dengan begini, bunda bisa mengetahui gejala di sekitar hidung ini si kecil alami atau tidak.

Beda Flu biasa dan Flu parah pada anak yang paling utama adalah penyebab dari timbulnya penyakit itu sendiri. Penyebab munculnya pilek ini adalah virus Rhino dan Adreno. Untuk penyakit demam yang disertai batuk flu sendiri biasanya mudah untuk bunda atasi dengan Termorex Plus.

Setelah beberapa kali meminum obat sirup dari apotek, bunda bisa memantau perkembangan kondisi si kecil. Tetapi tentu saja bunda tetap perlu pergi ke dokter bila pilek si kecil terus berlanjut dan tidak segera berhenti dalam beberapa hari.

Flu Parah (Influenza)
Gejala awal dari influenza sendiri sama dengan penyakit pilek sehingga tidak heran banyak yang mengira flu itu sama saja. Yang menjadi pembedanya adalah ketika si kecil menderita influenza mereka tidak hanya mengalami perasaan tidak nyaman di sekitar hidung dan badan.

si kecil yang menderita influenza akan mengalami demam tinggi, batuk, sakit tenggorokan, dan menurunnya nafsu makan. Berbeda dengan pilek yang penyebabnya adalah virus Rhino dan Adeno , penyebab dari influenza adalah virus Influenza.

Apabila bunda mendapati si kecil mengalami gejala-gejala tersebut, maka bunda bisa langsung membawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dari dokter tersebut.

Sampai di sini saja pengetahuan mengenai Beda Flu biasa dan Flu parah pada anak. Sekarang bunda tentu bisa membedakan dengan baik penyakit flu mana yang menyerang si kecil bunda ketika gejalanya muncul.

Berikan penanganan pertama dengan membeli obat sirup Termorex Plus di apotik terdekat. Termorex Plus adalah sirup obat meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk dengan rasa jeruk yang disukai anak & tanpa alkohol, sehingga aman untuk anak-anak.

Periksakan si kecil ke dokter apabila flu si kecil tidak kunjung membaik di rumah.

Tags:

Halaman