ARTIKEL

Kenali 3 Tanda Anak Mulai Stres Karena Belajar di Rumah

Jun 02, 2020 9:22pm

 

Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, faktanya banyak anak-anak yang juga sudah mengalami stres. Itu sebabnya Bunda perlu paham mengenai hal ini, terutama mengenali tanda saat anak mengalami stres. Apalagi dengan kondisi sekarang, si kecil diharuskan belajar di rumah dengan sistem sekolah online, ia juga tidak dapat bermain dan bertemu teman-teman sebayanya Maka bukan tidak mungkin anak jadi jenuh dan stres.

 

Penting bagi Bunda untuk mengenali tanda-tanda ini lebih awal, sehingga dapat memantau dan menciptakan kondisi yang lebih kondusif dan seimbang bagi kebutuhan sang buah hati secara psikologis. Berikut beberapa tanda anak mulai stress yang perlu Anda ketahui.

 

Tanda-tanda fisik

Saat anak belajar di sekolah, ia akan bertemu teman-teman seusianya sehingga pola interaksi terbentuk. Saat di sekolah juga tercipta proses belajar yang kondusif, didukung mulai dari ruangan, suasana, atau medium pembelajarannya. Sementara, belajar di rumah akan sangat jauh berbeda. Kondisi rumah setiap anak akan berbeda satu sama lain, oleh sebab itu kemungkinan anak jadi jenuh dan stres menjadi lebih tinggi.

 

Beberapa tanda fisik yang terjadi saat sang buah hati sedang stres dan paling terlihat adalah saat ia jadi susah untuk tidur, nafsu makan menurun, hingga sering sakit perut. Si kecil juga bisa menjadi sulit berkomunikasi atau gagap saat berkata-kata, mengalami mimpi buruk, sakit kepala, bahkan mengompol padahal sebelumnya ia sudah tidak pernah mengompol dalam waktu cukup lama.

 

Tanda-tanda emosional

Anak-anak yang sedang stres tidak hanya menunjukkan gejala atau tanda-tanda fisik saja, tetapi juga emosional. Itu sebabnya penting bagi Bunda untuk terus berinteraksi serta menjaga komunikasi dengan si kecil, sesibuk apapun pekerjaan di rumah. Ini bisa jadi upaya pencegahan yang efektif untuk dilakukan.

 

Tanda-tanda emosional pada anak yang sedang stres ini akan sangat terlihat. Anak akan cenderung cepat bosan, terlihat tidak ada gairah atau motivasi mengerjakan tugas sekolah, atau bahkan untuk bermain pun malas. Si kecil cenderung menjadi cepat marah, mudah merasa takut, gelisah, sering menangis, berlaku kasar, bahkan memberikan reaksi yang berlebihan. Saat si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda ini, bisa jadi mereka sedang berada dalam kondisi tertekan.

 

Tanda-tanda kognitif

Tanda-tanda lainnya yang juga bisa terlihat adalah pada aspek kognitif. Si Kecil akan mulai mendadak pecah fokus atau hilang konsentrasi saat belajar di rumah, terlihat suka menyendiri untuk waktu yang lama, serta enggan menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Ini bisa jadi tanda bahwa si kecil sedang stres.

 

Kejadian sepele seperti koneksi terputus saat sedang belajar online secara tidak langsung bisa saja membuat si kecil merasa malu terhadap teman-temannya dan jadi mulai merasa tertekan. Maka selama anak masih diharuskan belajar di rumah, usahakan untuk tetap mendampingi atau paling tidak berkomunikasi dengan si kecil setiap harinya. Ikut aktif memantau perkembangan belajarnya selama di rumah, termasuk kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi. Untuk mencari solusi paling cocok buat si kecil.

 

Jika Bunda mendapati sang buah hati menunjukkan beberapa tanda-tanda di atas, usahakan hadapi si kecil dengan bijak. Memarahi anak yang bertindak demikian secara berlebihan bisa jadi justru mempersulit keadaan sang buah hati, apalagi jika si kecil menjadi takut dan enggan berbicara sama sekali, atau enggan menyampaikan masalahnya.

 

Selama sang anak belajar di rumah, bisa jadi Bunda juga akan mengalami banyak kesulitan karena harus bertindak sebagai orang tua dan guru di rumah secara bersamaan. Walaupun begitu, Bunda harus tetap hati-hati karena masa ini tidak hanya sulit bagi orang tua, tetapi sulit juga bagi anak-anak. Menciptakan suasana menyenangkan dan terbuka di rumah sudah jadi tanggung jawab orang tua, agar anak-anak lebih leluasa mengekspresikan diri dan terhindar dari tekanan penyebab stres.

 

 

Metadesc    : Belajar di rumah, tidak bertemu teman di sekolah, anak bisa saja stres karena jenuh. Kenali tanda-tandanya.

References :

https://www.medcom.id/rona/keluarga/Rb1XA92N-penyebab-ciri-anak-sedang-stres

https://www.ourfamilywizard.com/blog/signs-and-symptoms-stress-children

https://kidshealth.org/en/parents/stress.html

Tags:

Halaman