ARTIKEL

Kegiatan Seru Ini Bisa Dilakukan Bersama Anak Selama Musim Kemarau

Jun 02, 2022 9:22am

Suhu udara yang lebih panas di musim kemarau membuat rasa tak nyaman. Tubuh rentan terserang dehidrasi hingga heat stroke akibat cuaca panas dan berada terlalu lama di bawah terik matahari. Namun bukan berarti aktivitas Bunda dan anak-anak terganggu saat cuaca panas.

Ada beragam kegiatan seru yang bisa Bunda lakukan bersama anak-anak di rumah. Berikut ini 5 ide kegiatan seru bersama anak di musim kemarau yang bisa jadi inspirasi Bunda:

  1. Berkebun

Berkebun jadi salah satu kegiatan seru bersama si kecil. Sambil berkebun, Bunda bisa mengenalkan alam sejak dini pada anak. Kenalkan pada anak beragam tanaman yang Bunda tanam di rumah. Ajarkan juga tanggung jawab pada si kecil bahwa tak hanya menanam tanaman, tapi anak juga perlu menyiramnya secara rutin agar tanaman tak layu dan tetap tumbuh.

  1. Membuat minuman segar

Membuat minuman segar jadi kegiatan seru selanjutnya di musim kemarau. Saat cuaca panas, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan agar tetap terhidrasi. Salah satu cara menyenangkan untuk memperbanyak konsumsi cairan adalah dengan membuat minuman dingin menyegarkan. Bunda bisa mengajak anak untuk meracik minumannya sendiri.

  1. Bermain Air

Main air jadi kegiatan seru saat cuaca panas. Agar tidak lebih efektif dan bermanfaat, ajak sekalian si kecil mencuci mobil sambil bermain air, Bund. Tidak hanya bermain dengan air, anak-anak suka bermain dengan busa sabun dan membuat balon air. Jangan takut baju anak basah dan kotor ya, Bunda. Segera bilas dan ganti pakaian anak yang basah usai bermain air.

  1. Berenang

Berenang dan bermain air bersama keluarga tentu jadi momen menyenangkan ya, Bund. Berenang juga bisa jadi cara seru menjaga tubuh tetap terhidrasi. Apalagi saat cuaca panas, anak-anak tentu lebih suka bermain di kolam yang penuh dengan air.

  1. Membaca buku cerita bersama

Beberapa kegiatan seru juga bisa dilakukan di dalam rumah jika Bunda dan si kecil enggan berada terlalu lama di bawah terik matahari. Salah satunya adalah membaca buku cerita bersama anak. Bunda bisa membacakan buku cerita favorit anak. Jika si kecil sudah bisa membaca, mintalah anak untuk bercerita tentang buku yang telah ia baca.

Berada terus di dalam rumah bukan berarti anak terhindari dari serangan penyakit, Bund. Sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang membuat anak rentan terserang demam dan flu, terutama saat musim panas seperti ini. Oleh karena itu, pastikan Bunda selalu menyiapkan obat-obatan terpercaya di rumah yang bisa dibeli di Konimexstore.

Tags:

Halaman