ARTIKEL

Jangan Keliru Bunda, Cara Atasi Demam Ini ternyata Salah Kaprah!

Aug 01, 2022 10:12am

Merasa khawatir saat anak demam tentu jadi hal yang wajar. Namun Bunda perlu memerhatikan cara mengatasi demam anak di rumah. Beberapa orang tua melakukan kesalahan saat mengatasi demam anak. Hindari melakukan 5 cara ini saat anak demam ya, Bunda.

 

  • Menyelimuti anak dengan selimut tebal

 

Masih banyak orang tua yang memberikan pakaian tebal atau menyelimuti anak dengan selimut tebal saat sedang demam. Padahal Bunda, cara ini malah membuat anak menjadi gerah dan berpotensi meningkatkan suhu tubuhnya. Sebaliknya, berikan anak pakaian yang longgar, berbahan adem dan nyaman ketika anak demam.

 

  • Tidak memberikan asupan air putih yang banyak

 

Saat suhu tubuh meningkat, anak akan lebih cepat kehilangan cairan tubuh. Jadi, Bunda perlu lebih memerhatikan asupan cairan anak saat demam. Berikan lebih banyak air putih untuk mencegah anak terserang dehidrasi.

 

  • Memaksa anak makan banyak

 

Saat demam, anak cenderung kehilangan nafsu makannya. Namun kebanyakan orang tua malah memaksa anak untuk makan lebih banyak dengan tujuan agar si kecil lebih cepat sembuh.

 

  • Tidak mengukur suhu tubuh dengan thermometer

 

Saat anak demam, banyak orangtua yang mengukur suhu tubuh anak menggunakan punggung tangan mereka. Padahal cara ini salah dan sangat tidak dianjurkan, Bunda. Disarankan untuk mengukur suhu tubuh anak dengan thermometer agar mendapatkan suhu tubuh yang akurat. Mengetahui suhu tubuh akurat anak, akan membantu si kecil mendapatkan penanganan yang tepat.

 

  • Mengompres dengan air dingin 

 

Kompres air dingin atau memandikan anak dengan air dingin tidak membantu menurunkan demam anak. Cara ini malah bisa membuat anak menggigil serta meningkatkan suhu tubuh anak.

Mau yang lebih praktis dan mudah? Bunda bisa menempelkan plester kompres demam di dahi si kecil. Selain dahi, Bunda juga bisa menempelkan plester kompres demam di lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak dan lipatan paha.

Cara mengatasi demam anak yang tepat adalah dengan memberikan obat penurun panas, seperti paracetamol. Perlu diingat Bunda, hanya berikan obat penurun panas saat demam anak lebih dari 38 derajat Celcius. Serta berikan dosis sesuai anjuran yang tertera pada kemasan atau sesuai resep dokter.

Agar semakin cepat penanganan anak demam, selalu sediakan obat penurun panas khusus anak di rumah. Bunda bisa berikan Termorex,  Sirup obat turun panas tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak-anak seperti setelah imunisasi, sakit kepala dan sakit gigi. Dan untuk plester kompres demam, Bunda bisa berikan Termorex Patch ya, rasa dinginnya tahan 8 jam, daya lekat kuat, lembut dikulit dan pastinya aman digunakan bersama dengan obat. Segera temui dokter bila kondisi kesehatan anak semakin parah.

Tags:

Halaman