ARTIKEL

Hujan Petir Melanda, Ajarkan Hal Ini Agar Si Kecil Tetap Aman

Nov 08, 2022 8:23am

Hujan deras disertai petir melanda hampir semua daerah di Indonesia. Selain kilat dan suaranya yang menakutkan, sambaran petir juga bisa membahayakan siapapun yang berada di dekatnya.

Untuk menghindari hal buruk, tidak ada salahnya mengajarkan beberapa hal ini saat hujan petir melanda agar anak berada dalam kondisi yang aman dan terhindari dari bahaya.

  1. Mengapa petir berbahaya

Saat si kecil merasa takut ketika petir datang, sebaiknya Bunda tetap tenang dan tak menunjukkan rasa kaget. Hal ini untuk menunjukkan pada si kecil bahwa dirinya merasa aman bersama Bunda.

Sambil menenangkan si kecil, Bunda bisa menjelaskan pada anak tentang bahaya petir. Biasanya, petir datang ketika hujan deras. Petir bermuatan listrik dan berusaha mencari konduktor atau penghantar listrik. Saat hujan deras, tempat atau benda tinggi akan menjadi sasaran petir seperti menara dan pohon berukuran tinggi.

  1. Hal apa yang perlu dilakukan saat hujan petir

Ajarkan pada anak tentang hal-hal apa saja yang perlu dilakukan saat hujan diserta petir. Mintalah si kecil untuk mematikan televisi, terutama jika Bunda menggunakan antena luar. Ajak si kecil untuk berdoa agar diberi keselamatan dan dijauhkan dari bahaya petir.

Jika sedang berada di luar rumah, segera ajak si kecil untuk masuk ke dalam rumah. Hindari bermain hujan di tengah petir. Bila sedang berada jauh dari rumah, ajak anak untuk berlindung di bagunan-bangunan terdekat atau segera masuk ke dalam mobil.

  1. Hal apa yang tidak boleh dilakukan saat hujan petir

Selanjutnya, jelaskan pada anak tentang hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat hujan petir. Mandi saat hujan petir sebaiknya tidak dilakukan. Jika petir menyambar rumah, listriknya dapat merambat ke saluran air dan menyetrum tubuh saat sedang mandi.

Hal yang tidak boleh dilakukan saat petir selanjutnya adalah berdiri di bawah pohon. Hal ini sangat berbahaya karena tubuh dapat tersambar petir. Berdiri atau bermain di lapangan terbuka juga tidak boleh dilakukan saat hujan petir. Jauhi teras, gazebo, lapangan terbuka, dan taman serta masuklah ke dalam ruangan tertutup saat hujan petir.

Semoga Bunda dan si kecil tetap aman dan terhindari dari hal-hal buruk, ya.

Tags:

Halaman