ARTIKEL

Hidung Si Kecil Tersumbat karena Pilek, Begini Cara Mudah Mengatasinya, Bund!

Oct 03, 2022 12:16pm

Pilek sering terjadi pada anak saat musim pancaroba. Saat pilek, hidung anak sering tersumbat sehingga menyulitkannya untuk bernapas. Tentunya, kondisi ini akan mengganggu aktivitas si kecil khususnya saat tidur ya, Bunda.

Hidung tersumbat biasanya terjadi karena batuk pilek yang dialami anak. Nah Bunda, beberapa cara ini bisa Bunda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak:

Memenuhi Kebutuhan Asupan Cairan

Saat anak pilek, berikan lebih banyak asupan cairan untuk membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di dalam hidungnya. Bunda bisa memberikan air putih, jus buah ataupun sop hangat agar lendir atau ingus di dalam hidung lebih mudah keluar. Bila si kecil masih berusia di bawah 6 bulan, Bunda bisa memberikan lebih banyak ASI untuk membantu mengatasi hidung tersumbat.

Berjemur di Bawah Matahari

Cara selanjutnya mengatasi hidung tersumbat pada anak yaitu dengan mengajaknya berjemur di bawah sinar matahari. Berjemur di bawah panas matahari membantu mengencerkan lendir dan melegakan pernapasan. Bunda bisa mengajak si kecil berjemur di pagi hari saat sinar matahari belum benar-benar terik. Manfaat lainnya, Bunda dan si kecil akan mendapatkan asupan vitamin D alami dari sinar matahari.

Menggunakan Humidifier

Bunda juga bisa mengatasi hidung tersumbat pada anak dengan melembapkan suhu ruangan. Gunakan pelembap udara atau humidifier untuk membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih lembap. Cara ini membantu mengencerkan lendir di dalam hidung sehingga melegakan pernapasan.

Menggunakan Nasal Spray atau Nasal Aspirator

Untuk membantu mengeluarkan ingus yang menyumbat pernapasan di hidung, Bunda bisa menggunakan nasal spray atau nasal aspirator. Alat ini membantu mengeluarkan lendir yang menyumbat, terlebih pada si kecil yang belum bisa membuang ingusnya sendiri.

Dongakkan kepala anak dan teteskan larutan saline sebanyak 2-3 tetes pada masing-masing lubang hidung. Tunggu selama 60 detik untuk mengencerkan lendir di dalam hidung. Selanjutnya dudukkan si kecil dan gunakan alat penyedot ingus atau nasal aspirator. Telat nasal aspirator dan masukkan bagian ujungnya ke dalam hidung. Lalu longgarkan tekanan hingga ingus dalam hidung tersedot ke dalamnya.

Memberi Obat Pilek Khusus Anak

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak selanjutnya yaitu dengan memberikan obat pilek khusus anak. Memberikan obat pilek khusus anak membantu mengencerkan lendir di dalam hidung sehingga si kecil lebih mudah bernapas. Obat pilek ini juga membantu si kecil tertidur dengan nyenyak khususnya di malam hari. Istirahat yang cukup membantu anak lebih cepat pulih dari sakitnya.

Selalu sediakan obat-obatan untuk si kecil di rumah. Bunda bisa Menyiapkan obat seperti Anakonidin Sirup Obat Batuk Pilek (Anakonidin merah), Sirup obat batuk dan pilek tanpa alkohol dengan rasa cherry yang disukai anak.

Tags:

Halaman