ARTIKEL

Demam Biasa dan Demam karena Alergi, Apa Bedanya?

Mar 10, 2022 2:28pm

Demam merupakan salah satu tanda tubuh terserang infeksi. Namun sebagian orang percaya demam merupakan salah satu tanda tubuh mengalami alergi. Lantas benarkah alergi dapat menyebabkan demam? Apa perbedaan demam biasa dengan demam karena alergi?

Sebenarnya Bund, reaksi alergi yang dialami akan berbeda-beda pada setiap orang, termasuk pada anak-anak. umumnya reaksi alergi berupa bersin, mata gatal dan berair, pilek, hingga ruam di kulit.

Seperti dilansir dari Healthline, demam bukan merupakan reaksi umum alergi. Tapi terkadang gejala alergi dapat menyebabkan seseorang rentan terhadap infeksi bakteri dan virus hingga memicu demam.

Agar mendapatkan penanganan yang tepat, sebaiknya Bunda mengetahui perbedaan demam biasa dan demam yang disebabkan oleh alergi. Berikut ini perbedaannya, Bund.

  1. Demam Biasa Disebabkan Virus atau Bakteri, Sementara Demam Alergi Dipicu Kontak dengan Alergen

Infeksi virus dan bakteri menyebabkan suhu tubuh meningkat. Kondisi ini merupakan tanda tubuh sedang melawan infeksi virus dan bakteri. Sementara itu, alergi muncul akibat adanya kontak dengan alergen, yakni pemicu alergi. Alergen untuk tiap orang berbeda. Ada orang yang alergi karena makanan tertentu, debu, suhu udara, hingga karena tungau dan serbuk sari.

  1. Demam Biasa Membuat Badan Nyeri, Sementara Demam Alergi Tidak

Biasanya saat demam tubuh akan terasa sakit dan kelelahan yang disertai nyeri pada otot. Demam biasa juga menyebabkan kepala terasa berat, pusing dan tertekan. Sementara, demam yang disebabkan karena alergi umumnya tidak menimbulkan rasa sakit atau kelelahan.

  1. Demam Biasa Disertai Gejala Sakit Tenggorokan, Sementara Demam Alergi Tidak

Demam yang jadi tanda gejala flu biasanya disertai batuk dan sakit tenggorokan. Si kecil yang kesulitan menelan makanannya dan tenggorokan yang terasa panas disertai demam dapat menjadi tanda anak terserang flu. Sedangkan demam karena alergi tidak membuat tenggorokan sakit. Biasanya demam karena alergi disertai kulit bagian luar bengkak, memerah, terasa gatal dan sulit dihilangkan.

  1. Alergi Membuat Mata Gatal dan Berair, Sementara Demam Biasa Tidak

Demam yang disebabkan oleh alergi biasanya disertai dengan rasa gatal di sekitar mata. Gejala alergi lainnya yang mungkin dialami anak seperti bersin-bersin dan mengeluarkan banyak cairan dari hidung. Sedangkan demam biasa tidak disertai gejala-gejala tersebut.

Itulah 4 perbedaan demam biasa dan demam yang disebabkan oleh alergi. Beda penyebab demam beda pula cara menanganinya. Untuk penanganan demam di rumah, Bunda bisa memilih obat penurun demam yang mengandung paracetamol dan tidak mengandung alkohol di Konimexstore. Bunda juga bisa menggunakan plester demam yang praktis dan efektif menurunkan suhu tubuh pada anak.

Tags:

Halaman