ARTIKEL

Cobain Tes Bakat Ini Yuk Untuk Kenali Potensi Si Kecil!

May 17, 2021 4:08pm

Sebagai orangtua, sangat penting untuk lebih peka terhadap bakat dan minat anak. Bakat dan minat pada anak dapat diasah sejak usia dini. Salah satu cara mengasah bakat anak adalah dengan memberikan stimulasi atau rangsangan pada si kecil.

 

Biasanya, Bunda membutuhkan waktu lama untuk mengenali bakat dan minat anak. Seperti dengan memasukkan anak les renang, les vokal, hingga kegiatan lainnya untuk mengetahui dimana bakat anak.

 

Tapi sekarang, Bunda bisa lebih dini mengetahui bakat dan minat anak dengan melakukan beberapa tes sederhana ini.

 

Tes Genetik

Kini, Bunda bisa mengenali bakat anak dengan melakukan tes genetik. Tes pemetaan DNA ini disebut Tes Genetik Bakat Bawaan Lahir. Gen merupakan bagian dari DNA (Deoxyribonucleic Acid) yang menentukan bagaimana sel-sel akan hidup, berfungsi dan berperilaku sepanjang hidupnya. Gen ini menentukan karakteristik yang membedakan manusia satu dengan lainnya.

 

Tes genetik untuk mengetahui bakat anak cukup mudah Bunda. Caranya dengan melakukan pengambilan sampel yang dilakukan dengan mengusap rongga mulut, lalu mengirim sampel tersebut ke laboratorium untuk diterjemahkan menjadi informasi. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu. Tidak hanya bakat, tes genetik ini juga bisa menemukan kepribadian anak, kecerdasan intelektual, kreativitas, kecerdasan emosional, bahkan potensi kesehatan fisik anak.

 

Tes Psikologi

Cara lain untuk mengenali bakat dan minat anak adalah dengan melakukan tes psikologi. Bunda bisa menghubungi jasa konsultasi atau ahli untuk mengetahui bakat anak. Untuk mengetahui bakat anak, psikolog mungkin akan memberikan serangkaian tes bakat.

 

Melansir dari Halodoc, tes bakat tidak sama dengan tes IQ. Tes bakat memberikan informasi terkait kecerdasan khusus. Tes bakat bertujuan mengukur kemampuan anak untuk memperoleh sejumlah keterampilan dengan mengukur bakat dan minatnya. Tes bakat juga dirancang untuk memberikan gambaran pada anak tentang jenis karir yang cocok untuk mereka.

 

Sensomotorik

Cara lain untuk mengenali bakat anak adalah melalui sensomotorik. Bunda dapat melakukan tes ini untuk mengetahui kemampuan sensorik dan motorik anak. Kemampuan sensorik adalah kemampuan anak dalam menggunakan indera-indera yang ada pada tubuhnya, seperti indera pengecap, indera peraba, pendengaran, penglihatan, dan penciuman. 

 

Sementara kemampuan motorik merupakan kemampuan gerak yang dimiliki anak yang dibagi menjadi dua yaitu motorik halus dan motorik kasar. Motorik halus seperti keterampilan koordinasi mata dan tangan. Sedangkan motorik kasar seperti melompat, berjalan, berlari, dan semacamnya. Dengan melakukan tes sensomotorik, Bunda dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan anak. Sehingga dapat mengenali kecenderungan bakat dan minat anak.

 

Kematangan Emosi

Kematangan emosi juga berperan dalam mengetahui bakat dan minat anak. Pada anak denganusia lebih besar atau remaja, Bunda dapat mencari tahu bakat anak melalui seberapa tinggi tingkat kematangan emosinya. Kematangan emosi ini juga bisa menjadi penentu jenis karir yang cocok atau sesuai dengan bakat anak.

Tags:

Halaman