ARTIKEL

Cara Tepat Mengatasi Batuk dan Flu Anak di Masa Pandemi

Jul 20, 2021 2:35pm

Masa pandemi membuat banyak orangtua khawatir dengan kondisi kesehatan anaknya. Jika si kecil terserang batuk dan pilek, beberapa orangtua mungkin akan khawatir untuk memeriksakan anaknya ke dokter. Apakah Bunda termasuk orangtua yang khawatir saat anak sakit?

 

Tidak perlu khawatir berlebihan, Bunda. Batuk dan pilek pada anak bisa diatasi di rumah dengan melakukan penanganan yang tepat. Beberapa cara sederhana ini bisa membantu Bunda mengatasi batuk dan pilek yang dialami anak di rumah:

 

1. Pastikan Anak Mengonsumsi Banyak Air Putih

Ketika anak terserang batuk dan pilek, pastikan tubuhnya tetap terhidrasi. Berikan anak minum air putih lebih banyak. Air putih membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan serta mengurangi peradangan di tenggorokan. 

 

Bunda juga bisa memberikan minuman hangat pada si kecil seperti teh dan tambahkan satu sendok madu. Selain meredakan batuk dan pilek, minuman hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan.

 

Untuk bayi yang masih minum ASI, sebaiknya Bunda melanjutkan pemberiannya. ASI bisa membantu bayi lebih cepat pulih dari sakit batuk dan flu.

 

2. Biarkan Anak Lebih Banyak Tidur

Tubuh anak membutuhkan lebih banyak energi ketika terserang batuk pilek. Karenanya, pastikan anak memiliki istirahat yang cukup dan tidur lebih banyak. Buatlah kamar tidur nyaman agar si kecil dapat tertidur nyenyak. Bunda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan serta membantu melegakan pernapasan si kecil. Tidur yang cukup membantu anak agar lebih cepat pulih.

 

3. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Satu hal yang tidak kalah penting saat anak terserang batuk pilek adalah sirkulasi udara di dalam rumah. Sirkulasi udara yang baik membantu anak lebih cepat pulih dari sakit. Jadi, pastikan kamar si kecil sejuk dengan sirkulasi udara yang baik ya, Bund.

 

4. Tetap Jaga Kebersihan 

Pastikan si kecil tetap menjaga kebersihan diri dan mandi dengan air hangat. Mintalah anak untuk mandi di bawah shower dengan air hangat yang mengalir atau cukup panaskan air dan tuangkan ke dalam wadah lalu tambahkan air hingga suhu menjadi hangat kuku. Mintalah pada si kecil untuk menghirup uap panas selama 10-15 menit. Bunda bisa menambahkan sedikit minyak kayu putih untuk membantu membuat tubuh anak lebih rileks.

 

5. Konsumsi Obat Batuk dan Flu Khusus Anak

Untuk meredakan batuk dan pilek yang mengganggu istirahatnya, Bunda bisa memberikan si kecil obat batuk dan flu. Tapi, pastikan si kecil mengonsumsi obat batuk dan flu khusus untuk anak ya, Bunda agar dosisnya tepat dan sesuai dengan kebutuhan si kecil.

 

Kami merekomendasikan AnaKonidin OBH sebagai obat batuk dan flu untuk anak. Sirup obat batuk dan flu tanpa alkohol dengan rasa strawberry yang disukai anak-anak. Meredakan batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, serta bersin.  Jadi, selalu sedia AnaKonidin OBH di rumah untuk mengatasi batuk dan flu anak karena #BedaBatuknyaBedaAnakonidinnya.

Tags:

Halaman