ARTIKEL

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

Dec 10, 2019 11:20am

Salah satu hal yang paling ditakutkan bagi orang tua adalah pada saat anak mengalami sembelit. Anak akan duduk sambil memegangi perutnya yang kesakitan dan menangis kencang. Orang tua mendadak frustrasi dan panik mencari solusi untuk mengatasi sembelit tersebut. Sebenarnya, apa sih yang harus dilakukan saat anak mengalami sembelit?

 

Sebenarnya, orang tua sudah tak perlu panik lagi. Anak yang sembelit dapat diatasi dengan cara dirawat sendiri di rumah menggunakan obat pencahar dari dokter. Sembelit sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Pada umumnya, sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat dalam tubuh, pengaruh obat-obatan, kurang minum, hingga stres.

 

Apa tanda-tanda anak mengalami sembelit?

 

Orang tua dapat mengecek rutinitas dan aktivitas anak saat buang air besar untuk mengetahui apakah anak mengalami sembelit atau tidak. Anak yang sembelit akan susah mengeluarkan kotoran. Ukuran kotoran yang dikeluarkan juga kecil, seperti kotoran kelinci. Frekuensi anak buang air besar hanya tiga kali di dalam satu minggu. Jika anak mengalami semua tanda ini, maka kemungkinan besar mengalami sembelit. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sembelit pada anak:

 

  • Tambahkan konsumsi serat

 

Anak yang mengalami sembelit harus ditangani dengan cara mendapatkan asupan serat yang cukup. Orang tua dapat memberikan makanan yang kaya dengan serat, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Sisipkan makanan mengandung serat ini ke dalam makanan sehari-hari sang buah hati.

 

Seorang anak membutuhkan asupan serat sebanyak 20 gram per hari. Apabila anak telah berhasil memenuhi kebutuhan asupan seratnya, maka proses mengeluarkan kotoran akan lebih mudah dan lancar.

 

  • Memberi pijatan khusus

 

Orang tua dapat mengatasi sembelit pada anak dengan cara memberi pijatan khusus. Perut anak dipijat dengan lembut dengan harapan nyeri pada perut akan berkurang. Bagaimana cara memberi pijatan untuk mengurangi sembelit anak? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

  • Mandikanlah anak menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan untuk membuat anak semakin tenang dan siap untuk dipijat.
  • Orang tua dapat memposisikan anak di atas tempat tidur yang nyaman. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin karena anak harus melepas baju agar pemijatan dapat dilakukan dengan baik.
  • Gosokkan minyak yang hipo-alergik pada tangan sebelum memijat pada anak.
  • Kamu dapat memijat perut anak searah jarum jam dengan lembut. Jangan gunakan terlalu banyak tekanan saat memijat, karena anak dapat tersakiti.
  • Selain memberikan pijatan, orang tua dapat membantu anak untuk melakukan gerakan ‘mengayuh sepeda”. Kaki kedua anak harus terangkat dan satu per satu secara perlahan didorong ke daerah dada.

 

  • Berikan obat pencahar

 

Obat pencahar merupakan solusi ampuh untuk mengatasi sembelit pada anak. Namun sebenarnya penggunaan obat cahar pada anak tidaklah disarankan. Pemberian obat cahar harus disertai dengan rujukan dokter dan pertimbangan medis. Ada dua macam jenis obat pencahar, yaitu:

 

  • Obat pencahar pelunak tinja
  • Obat pencahar untuk pelunak tinja adalah minyak mineral, dokusat, dan laktulosa. Laktulosa dan minyak mineral adalah obat pencahar yang berbentuk cair, sehingga kamu dapat mencampurkannya dengan minuman favorit sang anak. Tentunya obat ini juga memiliki banyak bentuk, yaitu cair, kapsul, dan tablet. Anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun biasanya meminum dokusat cair saat mengalami sembelit. Sedangkan orang dewasa dapat meminum laktulosa untuk mengatasi sembelit mereka masing-masing.
  • Obat pencahar pendorong tinja
  • Salah satu jenis obat pencahar pendorong tinja yang paling banyak digunakan untuk mengatasi sembelit anak adalah bisacody. Obat ini disarankan untuk dikonsumsi di bawah pengawasan dokter dan tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang.

 

 

Demikianlah 3 cara untuk mengatasi sembelit anak. Sekarang orang tua tidak perlu panik dan khawatir saat menghadapi anak yang sembelit. Ikuti cara-cara di atas dengan tenang, ya. Semoga membantu!

Tags:

Halaman