ARTIKEL

Cara Mengatasi anak batuk dan pilek susah tidur

Jun 26, 2023 5:58am

Para orang tua tentunya sudah sering sekali menghadapi kerewelan si kecil ketika mereka sedang sakit. Rasa sakit dan tidak nyaman di tubuh si kecil menjadi alasan utama mereka sering rewel. Namun, bila hal ini terjadi di malam hari dan membuat si kecil tidak bisa beristirahat pastinya akan membuat bunda kewalahan. bunda harus segera mencari solusi anak batuk dan pilek susah tidur agar si kecil bisa beristirahat dengan tenang.

Waktu istirahat ini tidak bisa bunda abaikan karena hanya dengan beristirahat si kecil bisa mendapat kembali energinya. Dengan demikian, tubuh si kecil bisa berperang melawan virus yang menyebabkan penyakit batuk dan batuk dan pilek tersebut.

anak batuk dan pilek susah tidur? Atasi dengan 3 Cara Berikut Ini!
Ada berbagai cara untuk mengatasi si kecil susah tidur akibat batuk dan pilek yang bisa bunda ketahui dan pelajari. Pilihlah yang paling mungkin membuat si kecil nyaman dan bisa kembali beristirahat. Berikut ini adalah 3 cara untuk mengatasi si kecil yang kesulitan tidur karena terganggu oleh batuk dan pilek.

Mengatur Posisi Tidur si kecil dengan Baik
Batuk dan pilek tentunya akan membuat si kecil kesulitan bernapas dengan baik. Hal ini bisa menjadi alasan mengapa anak batuk dan pilek susah tidur. Mereka pastinya terganggu dengan kondisi pernapasan yang tidak seperti biasanya akibat batuk dan pilek.

Seperti yang bunda ketahui, posisi kepala yang terlalu rendah dapat menyebabkan penumpukan lendir di hidung. Akibatnya, hidung menjadi tersumbat dan si kecil tidak bisa bernapas dengan benar. bunda bisa mengakalinya dengan menambahkan batal untuk si kecil agar posisi kepalanya sedikit terangkat.

Perhatikan pula bantal tersebut tidak menyebabkan si kecil justru terguling dari kasur atau sebagainya. Berikan pendamping di sisi kanan dan kiri tubuh si kecil. Bila perlu, bunda temani si kecil tidur pada saat mereka terserang batuk dan pilek. Jangan lupa memberi si kecil obat batuk dan pilek seperti anakonidin Merah sebelum pergi tidur.

Menggunakan Humidifier di Kamar si kecil
Penumpukan lendir di area hidung akan menyebabkan hidung tersumbat dan akhirnya membuat si kecil tidak bisa menggunakan hidung untuk bernafas. Hal ini tentunya akan mengganggu si kecil ketika harus beristirahat karena terpaksa bernapas melalui mulut.
bunda bisa membantu mengatasi anak batuk dan pilek susah tidur dengan bantuan humidifier. Humidifier ini dapat mengencerkan lendir di hidung si kecil sehingga bunda bisa membantu si kecil mengeluarkan lendir tersebut.

Setelah lendir-lendir yang menjadi penyumbat di hidung si kecil bunda keluarkan, si kecil bisa bernapas lebih mudah dan bisa beristirahat dengan nyaman. Untuk menambah kenyamanan, berikan aroma therapy atau minyak esensial yang beraroma mentol.

Membantu Melegakan Hidung Tersumbat
Bagi bunda yang tidak punya humidifier di rumah tidak perlu merasa khawatir karena bukan itu satu-satunya cara untuk mengencerkan lendir. Cara yang paling mudah dan murah adalah memanfaatkan minyak kayu putih.
Cara ini bisa bunda terapkan dengan menaruh minyak kayu putih di kapas dan meminta si kecil untuk menghirupnya. bunda harus telaten bila menggunakan cara ini karena memang harus sabar hingga aroma eucalyptus bisa sampai di hidung si kecil.

bunda juga bisa memberi pijatan-pijatan lembut di area hidung untuk membantu membuat celah tersumbatnya hidung si kecil. Selalu ingat untuk tidak menekan terlalu keras ketika melakukan pijatan di area hidung dan membuat si kecil kesakitan.

Selain cara di atas, Bunda juga bisa berikan Anakonidin merah untuk membantu redakan batuk dan pilek si Kecil. Anakonidin merah adalah sirup obat batuk dan pilek tanpa alkohol dengan rasa cherry yang disukai anak, Anakonidin sirop obat batuk dan pilek ini pun tersedia dalam kemasan 30 dan 60ml, jadi bisa Bunda sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah 3 cara untuk mengatasi anak batuk dan batuk dan pilek susah tidur yang bisa bunda lakukan di rumah. Mungkin tidak semua cara tersebut bisa berhasil untuk menenangkan si kecil sehingga bunda harus mencobanya satu per satu. Intinya, buat si kecil merasa nyaman dan aman sehingga mereka tidak merasa takut atau kesulitan untuk tidur.

Tags:

Halaman