ARTIKEL

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Aug 03, 2015 4:07pm

Buah hati bunda sudah bersekolah tetapi bunda tidak dapat mengantar sendiri buah hati bunda ke sekolah? Salah satu solusinya adalah menggunakan jasa antar-jemput anak sekolah. Memilih jasa antar-jemput anak sekolah tidak boleh sembarangan. Selain pengemudinya terbukti memiliki reputasi yang baik, perlu diperhatikan pula kondisi kendaraan yang digunakan. Mobil yang digunakan tidak harus baru atau mewah, tetapi yang lebih penting adalah interiornya aman, tidak pengap, dan tidak ada gas buang yang bocor ke dalam kabin penumpang. Setelah semua syarat itu terpenuhi, masih ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan.

 

Mobil antar-jemput sekolah adalah salah satu media penularan kuman penyakit. Coba perhatikan bahwa untuk masuk ke dalamnya anak-anak cenderung menyentuh bagian-bagian yang sama yaitu pegangan pintu dan bagian atas sandaran jok. Seandainya ada di antara peserta antar-jemput yang sedang menderita flu, jangan heran kalau anak-anak dengan pertahanan tubuh yang lemah akan rentan untuk tertular penyakit yang sama.

 

Cara mengatasinya, selain mengusahakan daya tahan tubuh yang prima melalui asupan-asupan vitamin dan makanan yang bergizi, adalah mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar dan tidak memegang makanan dengan tangan yang mungkin telah tercemar.

 

Tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar mungkin kita dapat merujuk ke pedoman yang pernah diberikan oleh WHO. Ingin tahu tentang standar kesehatan yang dianjurkan oleh WHO untuk mencuci tangan?

 

12 langkah mencuci tangan sesuai standar WHO

 

 

  1. Basahi kedua tangan dengan air mengalir.
  2. Beri sabun secukupnya.
  3. Gosok kedua telapak tangan dan punggung tangan.
  4. Gosok sela-sela jari kedua tangan.
  5. Bersihkan ujung-ujung jari secara bergantian dengan cara dikatupkan.
  6. Jari-jari tangan dirapatkan sambil digosok ke telapak tangan, tangan kiri ke kanan, dan sebaliknya.
  7. Gosok ibu jari secara berputar dalam genggaman tangan kanan, dan sebaliknya.
  8. Gosokkan kuku jari kanan memutar ke telapak tangan kiri, dan sebaliknya.
  9. Basuh dengan air mengalir.
  10. Ambil tisu untuk mematikan kran dan tisu itu harus langsung dibuang.
  11. Keringkan tangan dengan tisu baru (handuk tidak dianjurkan karena kelembabannya cenderung menyimpan kuman).
  12. Tangan sudah bersih dan siap untuk memegang makanan atau memulai kegiatan lain.***

Tags:

Halaman