ARTIKEL

Bunda, Yuk Jaga Kesehatan Mental Agar Diri Sendiri dan Keluarga Bahagia!

Apr 13, 2022 2:07pm

Tahukah Bunda, ibu rumah tangga lebih rentan mengalami gangguan mental. Meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, ibu rumah tangga rentan mengalami depresi, stres, hingga gangguan kecemasan. Padahal, ibu rumah tangga membutuhkan kesehatan mental yang terjaga agar kehidupan di rumah tetap seimbang dan harmonis.

Gangguan kesehatan mental pada ibu rumah tangga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti kurangnya perhatian dan dukungan dari pasangan, pekerjaan rumah tangga yang menumpuk, hingga tingkah laku anak-anak yang tidak jarang membuat pusing..

Agar tetap waras dan bahagia, berikut ini 6 tips menjaga kesehatan mental ibu rumah tangga:

  1. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Poin penting yang perlu Bunda lakukan adalah berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap orang terlahir dengan kemampuan yang unik dan berbeda, Bunda. Membandingkan diri dengan orang lain malah akan membuat Bunda merasa tidak puas hingga depresi.

  1. Membatasi Penggunaan Media Sosial

Hindari terlalu sering membuka media sosial. Sebaiknya Bunda membatasi penggunaan media sosial agar kesehatan mental tetap terjaga. Terlalu sering scrolling dan melihat timeline di media sosial bisa memicu depresi dan rasa tidak puas terhadap kehidupan Bunda. Alihkan dengan kegiatan lainnya yang dapat membuat Bunda semangat dan bahagia.

  1. Menjaga Keseimbangan Waktu Tidur

Tidak hanya anak-anak yang membutuhkan waktu tidur cukup. Bunda juga perlu cukup beristirahat dan menyeimbangkan waktu tidur agar kesehatan fisik serta mental tetap terjaga. Waktu tidur yang dianjurkan setidaknya 8 jam sehari. Jika waktu tidur di malam hari kurang berkualitas, Bunda bisa mengambil waktu tidur 1-2 jam di siang hari.

  1. Memberi Waktu untuk Diri Sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri perlu dilakukan, Bund. Seperti melakukan hobi atau sekedar me time di rumah.  Tidak hanya sekedar menghibur diri, tapi juga luangkan waktu untuk mengenali diri dan apa yang paling dibutuhkan diri sendiri.

  1. Menyadari Jika Tidak Ada Keluarga yang Sempurna

Berhenti membandingkan suami dan anak dengan keluarga lainnya. Sadari bahwa tidak ada keluarga yang sempurna. Kebiasaan sering membandingkan dapat mengubah cara pandang Bunda menjadi sosok penuntut yang tak disukai anak dan suami. Belajar bersyukur dan menerima keluarga seperti Bunda menerima diri sendiri.

  1. Akui Emosi yang Sedang Dirasakan

Jujurlah pada diri sendiri, Bunda. Akui emosi yang sedang Bunda rasakan. Dengan mengakui emosi yang dirasakan, Bunda dapat mengontrol amarah yang dapat memicu depresi hingga stres. Lakukan kegiatan yang bisa membuat diri tenang saat emosi muncul. Seperti berwudhu dan sholat bagi Bunda yang beragama muslim, melakukan yoga atau sekedar mendengarkan music dengan irama yang menenangkan.

Dengan cara ini, Bunda bisa menjaga kesehatan mental agar terus bahagia dalam menjalani rutinitas. Tidak ada salahnya juga jika Bunda meminta bantuan dari pasangan dan anggota keluarga lain saat merasa lelah agar terhindar dari stres berkepanjangan.

Tags:

Halaman