ARTIKEL

Bunda, Ternyata Ini Alasan Anak Sering Mengalami Batuk Pilek Sebulan Sekali

Aug 01, 2022 10:08am

Baru sembuh dari batuk pilek, kok sudah kambuh lagi? Pernahkah si kecil mengalami hal ini, Bund? Lantas kenapa si kecil mengalami batuk pilek berulang?

Sebenarnya kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi, Bunda. Batuk pilek yang berlangsung kurang dari tiga minggu termasuk dalam penyakit ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Beberapa anak mungkin saja kembali terserang batuk pilek walau baru sembuh dua minggu sebelumnya. Berikut ini beberapa penyebab anak mengalami batuk pilek berulang sebulan sekali:

 

  • Daya Tahan Anak Belum Sempurna

 

Dilansir dari KlikDokter, batuk pilek berulang merupakan kondisi yang wajar terjadi pada anak. Apalagi jika si kecil masih berusia di bawah 7 tahun. Kondisi ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak pada usia tersebut masih berkembang dan belum terbentuk sempurna.

Anak-anak juga masih belum bisa menjaga kebersihan dengan baik. Jadi, wajar saja jika si kecil sangat rentan terserang batuk pilek berulang, seperti satu bulan sekali, Bunda.

 

  • Perubahan Cuaca yang Tidak Menentu

 

Perubahan cuaca juga bisa memengaruhi batuk pilek pada anak, terutama di musim penghujan. Pada musim ini anak bisa lebih sering mengalami batuk pilek. Perubahan suhu dan tingkat kelembapan akibat cuaca yang tak menentu turut membuat daya tahan tubuh anak melemah. Kondisi ini tentu membuat anak rentan terserang infeksi virus penyebab batuk dan pilek.

 

  • Kondisi Rumah yang Kotor dan Berdebu

 

Faktor lainnya yang turut memengaruhi anak batuk pilek berulang adalah kondisi rumah yang kotor dan berdebu. Rumah yang kotor serta debu yang bertebaran bisa menjadi pencetus alergi pada anak. Salah satu gejala alergi tersebut adalah batuk dan pilek. Batuk pilek karena alergi akan lebih sulit untuk sembuh dan dapat berlangsung lama.

 

  • Aktivitas Anak yang Terlalu Banyak

 

Aktivitas yang terlalu banyak hingga mengganggu waktu istirahat turut memicu batuk pilek berulang pada anak. Sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna dan masih berkembang, itu sebabnya anak membutuhkan istirahat yang cukup, bahkan ketika ia sakit.

 

  • Virus yang Belum Hilang Secara Menyeluruh

 

Si kecil juga bisa terpapar virus penyebab batuk pilek dari teman dan lingkungan sekitarnya. Jika si kecil sering bermain dengan temannya, kemungkinan anak terinfeksi virus batuk pilek akan semakin tinggi. Anak-anak biasanya tidak menutup mulut mereka ketika batuk dan bersin. Sehingga penyebaran virus akan lebih cepat. Kemungkinan lainnya adalah virus penyebab infeksi masih belum hilang sepenuhnya di dalam rumah Bunda.

Sebagai pencegahan dan demi mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat, selalu sediakan Anakonidin, sirup obat batuk dan pilek tanpa alkohol dengan rasa cherry . Segera temui dokter jika kondisi kesehatan anak semakin memburuk.

Tags:

Halaman