ARTIKEL

Bunda Perlu Waspada, Ini 6 Ciri Daya Tahan Tubuh Anak Sedang Melemah

Oct 29, 2021 1:10pm

Saat anak sakit, ini menjadi tanda untuk Bunda bahwa sedang terjadi sesuatu yang salah dalam tubuh anak. Sebenarnya Bun, tubuh memiliki sistem pertahanan atau imunitas yang mampu mencegah serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun ketika sistem tersebut menurun akan langsung dirasakan oleh anak. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Bunda untuk mengetahui apa saja ciri-ciri daya tahan tubuh anak sedang melemah.

Mudah Lelah

Hal yang wajar terjadi jika si kecil terlihat kelelahan karena kegiatannya yang selalu aktif bergerak sehingga menguras banyak energi. Namun jika si kecil lebih cepat lelah dari biasanya, Bunda patut was-was karena ini menjadi salah satu tanda daya tahan tubuhnya sedang melemah. Terganggunya sistem imun membuat tubuh anak menjadi cepat lelah karena terus melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Si kecil pun akan merasakan lemas dan kurang nyaman seharian.

Anak Susah Makan

Gejala lainnya yang menandakan daya tahan tubuh anak menurun adalah berkurangnya selera makan. Hal ini disebabkan adanya infeksi dalam tenggorokan yang membuat anak kesulitan menelan makanan. Anak bisa saja tersedak jika dipaksakan untuk menelan makanan atau muntah. Jika tak segera diatasi, anak akan kekurangan nutrisi yang turut berdampak pada tumbuh kembangnya.

Pusing dan Demam

Demam menjadi tanda tubuh sedang melawan infeksi virus, bakteri, jamur, dan parasit. Jika demam yang dialami si kecil cukup tinggi serta keluhan sakit kepala yang mengganggu, hal ini bisa menjadi tanda daya tahan tubuh anak sedang menurun. 

Untuk pertolongan pertama, bunda harus sedia obat penurun demam terpercaya. Bunda dapat membeli obat penurun demam di apotik atau Konimexestore.com. Jika demam pada anak lebih dari 38 derajat Celcius, sebaiknya Bunda segera membawanya ke dokter.

Muncul Ruam di Kulit

Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh dari bakteri atau kuman, kondisi kulit juga bisa menunjukkan seberapa baik sistem imun tubuh bekerja. Jika si kecil tidak memiliki alergi, ruam pada kulit seperti bercak kemerahan atau kering dapat menjadi tanda sistem imun tubuh sedang melemah. Ruam pada kulit dapat menjadi tanda adanya peradangan dalam tubuh si kecil.

Mengalami Masalah Pencernaan

Bunda perlu waspada jika anak mengalami beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau diare. Gangguan pada pencernaan ini bisa menjadi salah satu tanda daya tahan tubuhnya sedang menurun. Dalam saluran pencernaan terdapat bakteri sehat dan mikroorganisme yang melindungi usus dari infeksi serta mendukung sistem imun. Saat jumlah bakteri baik tersebut menurun, maka anak rentan terserang virus, peradangan, bahkan gangguan autoimun.

Infeksi yang Sulit Sembuh

Anak lebih mudah terserang infeksi saat sistem imun tubuhnya menurun. Beberapa penyakit yang mudah menyerang anak seperti radang tenggorokan, sariawan, batuk dan flu, dan sebagainya. Saat si kecil terinfeksi dan berlangsung cukup lama, ini menjadi tanda daya tahan tubuhnya sedang melemah. Dimana artinya tubuh tidak mampu melawan serangan bakteri atau virus dengan sangat cepat.

Tags:

Halaman