ARTIKEL

Bunda, Hal-hal Ini Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Sekolah untuk Anak

May 29, 2022 9:59pm

Ada banyak pertimbangan dalam memilih sekolah untuk anak. Apalagi untuk si kecil yang hendak memasuki jenjang pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. Baik pendidikan usia dini maupun pendidikan dasar, keduanya merupakan hal penting yang akan membentuk kecerdasan dan karakter anak.

Sebelum menentukan, sebaiknya Bunda pertimbangan beberapa hal ini saat memilih sekolah untuk anak:

  1. Jarak dari rumah

Hal pertama dan utama yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi sekolah. Jarak sekolah dari rumah jadi pertimbangan penting demi keamanan dan kenyamanan anak. Jarak sekolah yang terlalu jauh terkadang membuat anak merasa lelah hingga enggan untuk berangkat ke sekolah. Sebaiknya pilih sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Bila perlu yang bisa ditempuh Bunda dan si kecil dengan berjalan kaki.

  1. Keamanan bangunan dan lingkungan sekolah

Pastikan juga keamanan bangunan dan lingkungan sekolah. Bunda dapat melakukan survey terlebih dahulu dan melihat apakah kondisi bangunan sekolah aman untuk anak. Bila perlu, tanyakan apakah sekolah dilengkapi dengan CCTV sebagai pendukung keamanan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Jangan lupa, pastikan juga sekolah dilengkapi dengan sarana penunjang yang bersih dan aman, seperti toilet atau tempat bermain.

  1. Akreditasi sekolah

Bagi kebanyakan orang tua, akreditasi sekolah adalah hal yang penting dan utama. Sekolah dengan akreditas yang baik atau bahkan sangat baik, biasanya juga memilih guru yang berkualitas. Nah Bund, guru yang berkualitas nantinya mampu mencetak lulusan yang unggul dan cerdas.

  1. Kurikulum yang digunakan

Setiap sekolah biasanya menerapkan kurikulum yang berbeda. Ada yang menerapkan kurikulum pendidikan nasional, dan juga yang menerapkan sistem taraf internasional. Beberapa sekolah ada yang menambahkan unsur keagamaan dalam kurikulum mereka. Nah, tinggal Bunda yang menentukan sistem kurikulum mana yang sesuai dengan tujuan pendidikan untuk anak.

  1. Kualitas Pengajar

Kualitas dan kuantitas pengajar menjadi pertimbangan penting lainnya yang perlu Bunda perhatikan saat memilih sekolah anak. Bukan tanpa alasan Bunda, hal ini akan menjadi penentu tingkat kecerdasan dan karakter anak.

Bunda yang akan memasukkan anak ke jenjang kelompok bermain atau taman kanak-kanak, sebaiknya cari sekolah dengan guru yang mampu mengasah daya kreativitas anak serta dapat membuat anak lebih aktif.

  1. Biaya Sekolah

Pertimbangkan juga biaya sekolah anak, Bund. Biasanya sekolah dengan kualitas bagus dan fasilitas lengkap akan mematok biaya sekolah yang besar. Namun perlu dicatat Bund, tidak semua sekolah mahal identik dengan pendidikan yang bagus. Jika Bunda lebih teliti, tak sedikit sekolah yang mempunyai program pendidikan bagus dengan biaya yang lebih rendah.

Sesuaikan biaya sekolah dengan anggaran rumah tangga. Pertimbangkan juga biaya lainnya selama anak sekolah, seperti biaya outdoor study dan ekstrakurikuler.

Tags:

Halaman