ARTIKEL

Bunda, Anak Juga Bisa Alami Stres Saat di Rumah, Ini Cara Mengatasinya!

Oct 26, 2021 9:30am

Tahukah Bunda, berada di rumah saja setiap hari juga bisa membuat si kecil stres. Apalagi di masa pandemi saat ini, dimana anak tidak bisa bermain di luar rumah dengan bebas. Stres pada anak memiliki dampak buruk terhadap kesehatan mental serta tumbuh kembangnya.

Stres pada anak memang tidak terlihat secara spesifik. Bahkan ada beberapa anak yang tidak menunjukkan gejala atau keluhan. Namun Bunda perlu waspada jika anak mengalami beberapa tanda ini:

  • Lebih cepat rewel
  • Suasana hati cepat berubah
  • Menjadi lebih pendiam atau sebaliknya, lebih banyak mencari perhatian
  • Sulit berkonsentrasi
  • Jam tidur berantakan

Mengingat bahayanya bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, Bunda perlu melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi stres pada anak.

  1. Bantu si kecil memahami perasaannya

Jika Bunda menemukan tanda-tanda stres pada si kecil, bantu ia memahami apa yang ia rasakan. Berikan pertanyaan ringan yang bisa membantunya menyadari apa yang sedang ia rasakan. Beberapa pertanyaan seperti:

“Kakak stres ya banyak tugas yang harus dikerjakan di rumah?”

“Tugas sekolah yang mana yang membuat kakak pusing? Bunda bisa bantu?”

“Apa yang membuat kakak stres? Mau cerita sama Bunda, Nggak?”

Pertanyaan-pertanyaan ringan ini bisa membantu anak untuk mengungkapkan perasaannya. Jangan lupa beri sentuhan lembut seperti memeluk atau mengusap kepalanya ya, Bunda.

  1. Dengarkan keluh kesahnya

Saat si kecil sudah mau bercerita dan membuka dirinya, dengarkan keluh kesah si kecil tanpa menghakimi atau mengguruinya. Jangan sela ucapannya dan biarkan si kecil bercerita panjang lebar. Buatlah si kecil merasa dimengerti dan dicintai tanpa harus mengkritiknya.

  1. Cari tahu solusi bersama-sama dengan si kecil

Selanjutnya adalah mencari solusi bersama-sama. Bunda bisa bertanya pada anak apa tentang apa yang dia inginkan lalu cari jalan tengahnya bersama-sama. Misalnya anak merasa jenuh berada di rumah dengan hanya menonton televisi di rumah. Sebagai solusinya, Bunda bisa mengajak si kecil membuat kue kesukaannya bersama-sama.

  1. Ciptakan suasana keluarga yang lebih hangat di rumah

Supaya anak merasa nyaman dan tidak mudah stres ketika berada di rumah, maka Bunda dan pasangan harus mau bekerjasama untuk menciptakan suasanya rumah yang lebih hangat. Jika Bunda selalu meneriakinya atau bertengkar dengan pasangan di depannya, hal ini malah menambah stres anak.

Dengan memahami ciri dan cara mengatasi stres pada anak, maka anak tidak akan menjadi bingung dan merasa sendirian saat mengalami stres.

Tags:

Halaman