ARTIKEL

Boardgame, Mainan Seru Usir Rasa Bosan Si Kecil di Rumah

Jun 02, 2020 9:28pm

Di rumah saja dan melakukan rutinitas yang berulang tentu akan membuat si kecil menjadi cepat bosan. Untuk mengakalinya, Bunda bisa bermain mainan seru bersama-sama dengan si kecil untuk mengusir jenuh dan menikmati quality time. Salah satunya adalah boardgame. Tidak hanya seru, beberapa boardgame juga bersifat edukatif dan punya sisi positif agar si kecil bisa belajar sembari bermain. Berikut beberapa rekomendasi boardgame yang bisa dimainkan bersama di rumah.

 

Ecofunpoly

Mirip dengan boardgame Monopoly, Ecofunpoly membantu mengenalkan pengelolaan sampah pada sang buah hati. Mainan seru ini adalah versi Monopoly yang mengusung tema ramah lingkungan, sehingga anak-anak bisa memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sedari dini.

 

Ecofunpoly dapat dimainkan oleh anak-anak berusia di atas 7 tahun hingga orang dewasa. Tidak hanya itu, Ecofunpoly juga terbuat dari kertas daur ulang dan limbah kayu. Itu berarti, dengan membeli mainan seru ini, Bunda sudah ikut mendukung gerakan ramah lingkungan.

 

Candy Land

Candy Land adalah salah satu dari sedikit boardgame yang bisa dimainkan oleh balita. Candy Land memiliki tampilan warna-warni cerah serta gambar interaktif untuk menarik minat sang buah hati bermain bersama Bunda.

 

Cara bermainnya pun cukup mudah. Bida-bidak berwarna yang Bunda dan si kecil pilih harus adu cepat menuju kastil. Siapa cepat, ia yang menang. Permainan ini tidak menggunakan dadu, sehingga jadi pilihan aman untuk dimainkan bagi balita karena tidak sulit harus melakukan hitungan saat bermain.

 

Scrabble

Punya sisi edukatif yang sangat kuat, Scrabble kerap dijadikan orang tua sebagai medium bermain sambil belajar yang efektif di rumah juga. Ini karena si kecil dapat bermain sembari belajar kosakata dalam Bahasa Inggris. Permainan yang cocok untuk menemani si kecil yang sudah berusia pra sekolah untuk melatih kemampuan berbahasanya sejak dini dengan mainan seru dan cara paling menyenangkan.

 

Boardgame ini mirip teka-teki silang, dimana para pemain harus merangkai kata dalam Bahasa Inggris menyesuaikan dengan huruf-huruf yang terpasang antar satu pemain dan pemain lainnya. Pada setiap huruf terdapat angka yang dapat dijumlahkan jika satu kata dibentuk. Ini akan jadi poin yang diperoleh oleh setiap pemain saat sedang bermain.

 

Ular Tangga

Walaupun termasuk boardgame jadul, nyatanya Ular Tangga masih terus diproduksi hingga saat ini. Cocok jadi sarana menghabiskan waktu, mainan seru ini bisa Bunda jadikan sarana nostalgia saat bermain bersama sang buah hati di rumah. Bahkan beberapa permainan Ular Tangga kini juga sudah dilengkapi dengan beberapa pada boardgamenya sehingga membuat permainan jadi semakin seru.

 

Karena waktu permainan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Ular Tangga cukup lama, tidak heran kalau mainan seru ini selalu bisa mengusir rasa bosan selama di rumah. Ular Tangga bisa dijadikan pilihan boardgame saat berakhir pekan bersama si kecil di rumah sambil bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya.

 

Jenga

Jenga menjadi salah satu mainan seru yang banyak memberikan manfaat positif bagi sang buah hati. Mulai dari merangsang si kecil untuk berpikir kreatif dan solutif, bermain Jenga juga dapat melatih kemampuan motorik si kecil dengan efektif.

 

Salah satu versi Jenga yang juga terkenal adalah UNO Stacko. Bermain Jenga tidak hanya fokus untuk melepaskan sebanyak mungkin kepingan balok, tetapi juga bermain sesuai dengan aturan yang ada. Ini bisa jadi pilihan jika putra-putri Bunda sudah berada di usia yang cocok karena terdapat beberapa peraturan dasar yang perlu dijelaskan lebih jauh.

 

Itu dia beberapa rekomendasi boardgame untuk jadi mainan seru selama di rumah. Mengusir bosan dengan cara yang menyenangkan, sekaligus belajar, mendapat manfaat lebih, dan paling utama menghabiskan waktu bersama sang buah hati.

 

 

Metadesc    : Di rumah saja selama beberapa waktu ke depan bisa sangat membosankan. Boardgame bisa jadi mainan seru dan bermanfaat di rumah.

References :

https://review.bukalapak.com/mom/ini-7-rekomendasi-board-game-yang-bisa-dimainkan-bersama-anak-48477

https://www.liputan6.com/tekno/read/2463282/10-pilihan-board-game-edukatif-untuk-anak#

https://femaleradio.co.id/female-info/female-lifestyle/5141-5-board-game-seru-untuk-dimainkan-bersama-keluarga

Tags:

Halaman