ARTIKEL

Apa yang Harus dilakukan Saat Anak Pilek di Musim Hujan

Feb 12, 2020 11:18am

Musim hujan telah tiba. Hujan yang terjadi hampir tiap hari memberikan dampak kesehatan bagi banyak orang, termasuk anak-anak. Flu, batuk, dan demam merupakan gejala-gejala yang diderita lebih banyak orang di musim hujan daripada saat musim kemarau. Cuaca yang berubah menjadi lebih dingin, membuat tubuh harus ikut beradaptasi.

Sebagai orang tua, tentu bunda akan cemas terhadap buah hati yang ikutan jatuh sakit. Pilek, salah satu penyakit yang sering menjangkiti anak-anak di musim hujan, hampir tak bisa dihindari, terutama jika anak sering beraktivitas di luar rumah. Berikut adalah hal-hal yang harus bunda lakukan kalau anak pilek saat musim hujan.

 

Istirahat yang Banyak

Istirahat adalah sesuatu yang mudah dilakukan, namun juga memiliki banyak manfaat. Dengan menambah jam istirahat yang lebih lama daripada biasanya, anak akan merasa lebih rileks. Dengan begitu, metabolisme tubuh akan bekerja dengan maksimal. Zat antibodi juga dapat bekerja sesuai dengan perannya untuk mengembalikan kesehatan anak bunda.

Istirahat di atas tempat tidur membuat anak tidak beraktivitas dengan berat. Aktivitas yang dilakukan sehari-hari mempengaruhi kesehatan tubuh anak, karena zat-zat dalam tubuh yang seharusnya bekerja dalam memberikan imun, dipaksa untuk melakukan fungsi lain. Jadi, bunda perlu memperhatikan istirahat anak, terutama saat pilek.

Saat pilek, anak akan kesulitan untuk tidur. Ini disebabkan karena jalur pernapasan di hidung yang terganggu. Hidung yang tersumbat akan membuat anak rewel, bahkan menangis, karena rasa yang tidak nyaman. Untuk mengatasinya, bunda perlu menidurkan buah hati dengan posisi miring ke kiri atau ke kanan, bukan telentang. Posisi tidur yang miring bisa mempengaruhi pergerakan lendir yang ada di dalam hidung.

 

Minum Obat

Minum obat adalah cara yang bisa dibilang ampuh untuk mengobati suatu penyakit, termasuk pilek pada anak. Bunda bisa mengajak buah hati ke rumah sakit atau klikik untuk melakukan pemeriksaan. Dokter akan memeriksa anak dan memberikan diagnosis dan obat untuk meredakan dan mengobati rasa sakit yang dirasakan. Perhatikan anak saat meminum obat yang diberikan dokter, pastikan dosis yang dikonsumsi sudah sesuai dengan petunjuk.

Jika dokter memberikan antibiotik, pastikan anak meminumnya sesuai petunjuk. Pada umumnya, antibiotik harus diminum sampai habis, meski penyakit telah pergi. Antibiotik yang dikonsumsi sampai habis memastikan seluruh bakteri yang menyebabkan pilek musnah dan tidak kambuh lagi.

Jika bunda memiliki persediaan obat di rumah, tidak ada salahnya juga untuk menggunakannya kepada anak. Tapi yang perlu diketahui, dosis yang dikonsumsi anak berbeda dengan orang dewasa, sehingga sangat penting untuk mengetahui takaran yang tepat. Perhatikan tanggal kadaluwarsa dari produk obat.

 

Makan Sup Ayam Hangat

Memakan sup ayam dalam kondisi yang masih hangat tentu sangat nikmat, apalagi jika di luar sana sedang hujan. Tidak hanya rasanya yang nikmat, sup ayam hangat juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan flu dan pilek. Saat anak pilek, selera makan akan berkurang. Bunda bisa membujuknya dengan memasak sup ayam.

Uap yang berasal dari semangkuk sup hangat atau panas bisa melegakan hidung yang tersumbat. Ini akan membuat lendir yang berada di dalam hidung akan mengencer, dan semakin mudah untuk dikeluarkan. Rasa sup yang nikmat bisa menggugah selera makan anak, sehingga energi dalam tubuh tetap terjaga.

 

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bunda memberikan sup hangat kepada anak yang sedang pilek. Sup yang dimasak harus bebas dari sesuatu yang dapat menghasilkan rasa pedas, seperti cabai dan merica. Rasa pedas justru mengganggu kenyamanan anak, yang berakibat pada gangguan pencernaan. Bukan malah sembuh, anak akan lebih menderita dengan rasa pedas yang dimakan.

 

Tiga hal di atas dapat bunda lakukan untuk buah hati saat pilek. Tentu saja, rasa cinta dan ketulusan dari seorang ibu bisa menjadi obat paling mujarab bagi kesembuhan sang anak. Ketulusan dan kesabaran bunda akan membuat anak semakin semangat untuk sembuh.

 

Meta desc: Musim hujan sudah datang. Apa yang harus bunda lakukan kalau anak pilek saat musim hujan.

Photo Credit: Freepik

Tags:

Halaman