ARTIKEL

Anak Demam Setelah Imunisasi? Segera Lakukan Ini

May 01, 2024 9:17am

Apakah si kecil tiba-tiba demam setelah imunisasi? Jika iya, jangan panik dulu, karena ternyata demam pasca imunisasi adalah hal yang wajar terjadi. Imunisasi sendiri merupakan upaya yang penting meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Wajar saja jika bunda berharap anak akan langsung sehat dan kuat setelah imunisasi, namun pada kenyataannya banyak anak yang terserang demam.

Selain demam, beberapa efek yang biasanya terjadi setelah imunisasi meliputi kulit kemerahan, bengkak, serta anak menjadi lebih rewel. Walaupun efek sampingnya tidak begitu lama, banyak orangtua yang enggan melakukan imunisasi karena efek sampingnya.

Lantas, apa yang harus bunda lakukan? Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui lebih dalam tentang demam setelah imunisasi agar bunda tidak khawatir lagi.

 

Penyebab Anak Demam Setelah Imunisasi

Dilansir dari laman Better Health, demam setelah imunisasi sangat wajar terjadi. Suhu tubuh yang meningkat merupakan respon dan tanda bahwa tubuh sedang membangun sistem kekebalan yang baru. Demam biasanya terjadi dalam beberapa jam setelah pemberian imunisasi, dan akan hilang sendirinya dalam satu atau dua hari.

 

Mengatasi Anak Demam Setelah Imunisasi

Pada dasarnya tidak diperlukan pengobatan khusus untuk mengatasi demam setelah imunisasi. Namun, bunda bisa melakukan beberapa cara ini untuk menurunkan suhu tubuh dan meringankan efek samping lainnya.

 

  • Pantau suhu tubuh secara berkala

 Meskipun suhu tubuh akan turun dengan sendirinya, bunda tetap harus memeriksa suhu tubuhnya secara berkala, ya. Gunakan termometer untuk mengecek apakah suhu tubuhnya turun atau tidak. Jika demam tidak kunjung turun, kompres anak dengan air hangat atau berikan obat penurun panas.

  

  • Kompres air hangat

 Kompres air hangat bisa dilakukan untuk membantu menurunkan demam. Siapkan handuk kecil dan baskom berisi air hangat, kemudian peras dan tempelkan di dahi si kecil. Ulangi cara ini jika handuk sudah mulai dingin.

 

Tags:

Halaman