ARTIKEL

7 Langkah Menjaga Imunitas Tubuh Anak agar Tak Terserang Virus

Apr 06, 2020 10:13am

Sistem imun yang buruk dapat berakibat fatal bagi anak, apalagi jika anak Anda sering beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, slogan “mencegah memang lebih baik daripada mengobati” merupakan hal yang tepat untuk menjaga anak Anda dari berbagai macam penyakit. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh anak Anda.

Konsumsi Makanan Bergizi

Hal terpenting untuk menjaga imunitas tubuh anak adalah memberikan makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran. Terutama wortel, jeruk, strawberry, jambu merah dan kacang-kacangan karena mengandung karatenoid yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, tubuh akan memproduksi sistem imun dan sel darah putih yang lebih banyak, sehingga mampu menjaga tubuh anak dari berbagai macam virus dan bakteri.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Ajak keluarga Anda untuk berolahraga minimal dua kali seminggu. Anda bisa mengajak anak Anda bersepeda, basket, tenis, badminton, jalan cepat, dan olahraga lain yang seru agar anak Anda tidak bosan. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh pasti akan lebih sehat.

Tidur yang Cukup

Kurang tidur pada anak-anak maupun orang dewasa dapat menurunkan daya tahan tubuh dan sistem imun yang seharusnya bisa menangkal berbagai macam penyakit mulai dari ringan hingga kronis. Oleh karena itu, pastikan anak Anda tidur cukup setiap hari agar imunitas tubuh anak dapat meningkat. Untuk bayi, jam tidur yang ideal dan diperlukan untuk menjaga sistem imun adalah 16 jam per hari, balita membutuhkan tidur 11 hingga 14 jam sehari, dan anak yang sudah bersekolah membutuhkan tidur selama 10 hingga 13 jam sehari.

Menjaga Kebersihan

Dengan menjaga kebersihan, sistem imunitas tubuh anak akan selalu terjaga. Pastikan anak Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan dan setelah bermain di luar. Selain itu, jika anak Anda masih balita, Anda bisa membiasakan untuk membawa tisu basah aintiseptik untuk keadaan darurat, terutama jika Anda sedang bepergian. Pilih handuk tangan dan sabun tangan dengan warna-warna kesukaan anak agar anak Anda terbiasa untuk mencuci tangan.

Penuhi Kebutuhan ASI

Jika anak Anda masih bayi, maka Anda harus memberikan ASI yang cukup hingga setidaknya anak Anda menginjak usia 1 hingga 2 tahun. ASI mengandung banyak sekali manfaat, terutama untuk meningkatkan antibodi maupun imunitas tubuh anak. Selain itu, saat mulai dewasa, anak yang mengonsumsi ASI cukup akan lebih kebal dan tidak mudah sakit dibanding anak yang kekurangan ASI saat bayi. Apalagi saat baru lahir, karena ASI pertama yang keluar mengandung Colostrum tinggi yang bermanfaat untuk melindungi anak dari berbagai macam penyakit ringan hingga berat seperti kanker.

Jauhkan dari Asap Rokok

Asap rokok adalah sumber dari berbagai macam penyakit paru-paru yang harus dijauhkan dari anak Anda. Tak hanya itu, asap rokok mengandung 7000 zat kimia berbahaya yang dapat menimbulkan iritasi serta membunuh sel-sel tubuh, apalagi jika anak terpapar asap rokok secara terus menerus. Selain itu, sistem detoksifikasi tubuh anak tentu berbeda dari orang dewasa, sehingga Anda harus menjauhkan asap rokok agar anak imunitas tubuh anak tidak terganggu.

Jangan Berikan Antibiotik Terus Menerus

Beberapa orang tua memiliki kebiasaan untuk meminta antibiotik pada dokter anak ketika anak mereka demam, flu maupun penyakit lainnya. Padahal, antibiotik dapat membunuh penyakit yang disebabkan oleh bakteri, sedangkan mayoritas penyakit yang timbul pada anak biasanya disebabkan oleh virus. Konsumsi antibiotik yang terlalu sering malah akan berakibat buruk pada imunitas tubuh anak dan penggunaan antibiotik tersebut malah tidak mempan nantinya.

 

Dengan menjaga imunitas tubuh anak, Bunda pun tidak perlu khawatir akan berbagai macam bakteri dan virus karena anak akan memiliki antibodi yang kuat. Pastikan Bunda mengaplikasikan langkah-langkah di atas agar anak selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Tags:

Halaman