ARTIKEL

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Apr 25, 2019 12:22pm

Menjaga kesehatan anak adalah tugas utama setiap orang tua. Terlebih saat musim hujan tiba, Ayah dan Bunda perlu melakukan persiapan lebih agar kesehatan anak tidak terganggu. Namun, bukan berarti aktivitas dan ruang gerak anak harus dibatasi selama musim hujan. Biarkan anak-anak tetap bermain dengan aman dan nyaman. Untuk mencegah serangan flu, demam, diare, dan masalah kesehatan lainnya, berikut enam tips yang bisa diperhatikan. Yuk, simak!

 

1. Menyiapkan perlengkapan hujan

Selama musim hujan, ada baiknya jika Bunda menyiapkan perlengkapan hujan khusus untuk dibawa anak ke sekolah. Mulai dari payung, jas hujan, hingga sepatu hujan. Perlengkapan ini berperan penting untuk mencegah Si Kecil kehujanan ketika berangkat atau pulang sekolah. Dengan begitu, anak akan lebih terjaga kondisi kesehatan tubuhnya selama musim hujan.

 

2. Memakaikan pakaian hangat

Menjaga kesehatan anak saat musim hujan juga bisa dilakukan dengan memakaikan pakaian hangat, terutama saat Si Kecil akan beraktivitas di luar rumah. Pilih bahan pakaian hangat yang terbuat dari wol agar tetap nyaman dipakai oleh Si Kecil. Saat tidur, pastikan Bunda memakaikan selimut hangat sehingga tubuh Si Kecil tetap hangat sepanjang malam. Meski terlihat sepele, memakaikan pakaian hangat untuk anak saat musim hujan bisa mencegahnya jatuh sakit.

 

3. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Selain menjaga kesehatan anak dari luar, Bunda dan Ayah juga perlu menjaga kondisi tubuh Si Kecil dari dalam. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, terutama vitamin. Beri buah-buahan serta sayuran segar yang kaya akan vitamin, sehingga daya tahan tubuh Si Kecil saat musim hujan bisa terjaga secara maksimal. Jika dibutuhkan, Bunda juga bisa memberi vitamin tambahan untuk dikonsumsi Si Kecil.

 

4. Pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi bersih

Ternyata mencukupi kebutuhan nutrisi saja tidak cukup. Bunda juga harus memastikan bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi anak berada dalam keadaan bersih. Mulai dari bahan-bahan makanan, perlatan makan, hingga air minum yang diberikan untuk Si Kecil harus terjamin kebersihannya. Hal ini penting diperhatikan agar anak tidak terancam serangan virus dan bakteri dari kuman-kuman yang menyebar selama musim hujan.

 

5. Ajarkan anak cara mencuci tangan dengan benar

Sebagai langkah preventif, Bunda bisa mengajarkan Si Kecil cara mencuci tangan dengan benar. Beri tahu juga pada anak kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Tidak hanya sebelum makan, tetapi juga setelah bermain dan keluar dari kamar mandi. Dengan begitu, ketika berada di sekolah dan jauh dari pengawasan, anak tetap memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan tangannya agar tidak mudah terserang kuman penyebab berbagai penyakit.

 

6. Menjaga kebersihan tempat tinggal

Jangan lupa, Ayah dan Bunda juga wajib menjaga kebersihan tempat tinggal untuk menjamin kesehatan Si Kecil. Selama musim hujan, tutup wadah penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Kuras bak mandi secara rutin sehingga jentik-jentik nyamuk tidak berkembang biak di sana. Pasangkan juga kasa anti nyamuk di dalam kamar Si Kecil serta oleskan lotion anti nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah ketika Si Kecil tidur.

 

Tidak sulit, bukan, menjaga kesehatan anak selama musim hujan? Tips-tips tadi bisa Bunda praktikkan langsung agar Si Kecil tetap bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman. Kira-kira apakah masih ada tips lagi dari Bunda yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil saat musim hujan datang?

Tags:

Halaman