ARTIKEL

5 Langkah Mengajarkan Anak Mencuci Tangan dengan Tepat

Feb 26, 2021 10:28am

Mengajarkan anak mencuci tangan memang tak mudah. Apalagi kalau mereka anak-anak yang aktif bergerak. Sayangnya, mengajarkan anak mencuci tangan adalah hal yang penting, bahkan wajib dilakukan mengingat banyaknya ancaman virus yang mengintai. Bunda tidak perlu pusing, ada 5 langkah mengajarkan anak mencuci tangan dengan tepat. Langkah-langkahnya mudah diikuti dan tentunya bisa meningkatkan kesadaran si kecil untuk rajin cuci tangan. Apa saja itu? Berikut selengkapnya!


Ajarkan pentingnya mencuci tangan

Si kecil awalnya pasti tidak mengerti mengapa mereka harus rajin mencuci tangan. Itulah mengapa Bunda harus mengajarkan pentingnya mencuci tangan. Bunda bisa menginformasikan pada mereka kalau cuci tangan adalah salah satu pencegahan terkena penyakit. Apalagi sekarang sedang di masa pandemi, cuci tangan menjadi cara yang ampuh mencegahan virus corona.

 

Jangan lupa untuk memberitahu mereka kapan saja waktu untuk mencuci tangan. Misalnya usai beraktivitas di luar rumah, usai dari kamar mandi, dan sebelum juga sesudah makan. Dengan begini, kebiasaan cuci tangan pasti terbangun dengan sendirinya.

 

Kenalkan si kecil pada cara mencuci tangan yang benar

Mengajarkan anak mencuci tangan tidak boleh sembarangan. Bunda harus mengenalkan si kecil cara mencuci tangan yang benar. Berikut langkah-langkah cuci tangan yang benar!

 

  1. Membasahi tangan

Cuci tangan dimulai dengan kedua tangan anak dibasahi dengan air yang mengalir. Basahi tangan secara menyeluruh dari telapak hingga punggung tangan.

 

  1. Menggunakan sabun

Setelah tangan basah secara merata, barulah gunakan sabun antiseptik yang aman untuk anak-anak. Caranya mudah, tinggal menuang sabun di atas telapak tangan lalu gosok hingga keluar busa.

 

  1. Gosok tangan

Bagian menggosok tangan sangatlah penting. Gosok tangan dengan sabun hingga busa menutupi seluruh area telapak tangan, punggung tangan, juga sela-sela dan ujung jari. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik untuk membasmi virus dan kuman  yang menempel.

 

  1. Membilas

Setelah menggosok tangan, bilas tangan di bawah air mengalir hingga bersih dari sisa-sisa sabun.

 

  1. Keringkan

Setelah tangan dibilas di bawah air mengalir, keringkan dengan handuk bersih hingga kedua tangan kering sempurna.

 

Ajak si kecil mencuci tangan sambil bernyanyi

WHO menyarankan untuk mencuci tangan setidaknya sampai 20 detik. Lalu, bagaimana caranya anak-anak tahu kalau mereka sudah mencuci tangan selama 20 detik? Caranya mudah, ajak saja mereka bernyanyi sambil mencuci tangan. Nyanyikan lagu-lagu kesukaan mereka seperti lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak dua kali. Dengan cara sederhana ini, mereka pun tahu durasi mencuci tangan yang benar.

 

Cuci tangan bersama

Mengajarkan anak mencuci tangan tidak akan efektif bila tidak dilakukan bersama Ayah dan Bunda. Terlebih kebiasaan anak-anak yang suka mencontoh apa yang mereka lihat. Jika Bunda saja tidak rajin mencuci tangan, pasti si kecil jadi malas mencuci tangan.

 

Nah, supaya kebiasaan mencuci tangan terbangun, ajak mereka untuk mencuci tangan bersama. Sambil mencuci tangan bersama, Bunda juga bisa mengawasi cara mereka mencuci tangan apakah sudah benar atau belum. Dengan melakukan cuci tangan bersama, tak hanya si kecil, keluarga pun otomatis lebih terbiasa untuk mencuci tangan.

 

Berikan sabun dan handuk bergambar karakter favorit

Biar anak-anak semakin semangat mencuci tangan, Bunda bisa menghadiahi mereka sabun dan handuk bergambar karakter favorit. Mereka juga bisa memilih sendiri wangi sabun cuci tangan yang mereka sukai. Wangi sabunnya sudah sesuai, ditambah dengan karakter kesukaan yang mewarnai sabun dan handuk mereka, pasti mereka jadi semangat mencuci tangan, deh! Tunggu dulu, Bunda! Bunda tetap harus awasi juga frekuensi mereka mencuci tangan agar tidak terjadi iritasi sabun akibat terlalu sering cuci tangan, ya.

 

Itu dia langkah-langkah mengajarkan anak mencuci tangan. Dimulai dari menjelaskan betapa pentingnya mencuci tangan hingga memberikan sabun dan handuk agar mereka semangat mencuci tangan. Selain mengajarkan anak mencuci tangan, Bunda juga bisa menemukan aneka informasi dan tips parenting yang menarik dan berguna di Panduan Bunda. Selain itu, ada informasi tentang kesehatan anak, kata dokter, hingga Bunda Siaga untuk para orang tua yang hendak menyambut kedatangan anggota keluarga baru. Informasi selengkapnya tentang Panduan Bunda bisa didapatkan di sini.

Tags:

Halaman