ARTIKEL

5 Cara untuk Meringankan Gejala Batuk Flu Pada Anak

Jun 26, 2023 5:50am

Flu merupakan salah satu penyakit yang sering kali menyerang si kecil. Sebagai orang tua, bunda tentu harus selalu siaga agar penyakit tersebut tidak semakin parah dan makin menyiksa si buah hati. bunda perlu mengetahui cara untuk Meringankan Gejala Batuk Flu Pada Anak untuk mempercepat pemulihan mereka.

Inilah Cara untuk Meringankan Gejala Batuk Flu Pada Anak di Rumah
Tidak semua penyakit harus bunda takuti dan khawatirkan secara berlebihan. Gejala batuk flu awal sebenarnya bisa bunda tangani sendiri dengan cara yang tepat tentunya. Tentunya dengan catatan gejala yang muncul masih ringan dan kondisi si kecil pun memungkinkan untuk menjalani perawatan di rumah saja.

Karena bagaimanapun daya tahan si kecil terhadap penyakit tidak sama. Walaupun masih gejala awal tetapi bunda bisa melihat bahwa hal itu begitu mengganggu si kecil segeralah meminta penanganan dari staf kesehatan.

Memastikan Asupan Cairan Tetap terjaga
Flu dapat membuat suhu tubuh si kecil menjadi tinggi dalam beberapa hari. Hal ini tentu membuat si kecil merasa tersiksa karena bukan hanya hidungnya bermasalah tetapi juga tubuhnya tidak nyaman. Bantu si kecil untuk menghadapi demam dengan obat penurun panas dan memberi air mineral yang cukup.

Air mineral dapat membantu menjaga tubuh si kecil tetap terhidrasi dengan baik sehingga tidak kekurangan cairan. bunda juga bisa mengganti air mineral dengan berbagai jus buah yang si kecil sukai.

Memastikan si kecil Mendapat Istirahat yang Cukup
Langkah paling ampuh untuk Meringankan Gejala Batuk Flu Pada Anak selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Istirahat dapat membantu si kecil merasa lebih nyaman karena tidak merasakan gejala-gejala flu yang menyebalkan. Temani si kecil hingga mereka bisa terlelap dengan baik dengan mengelus-elus punggungnya atau memeluknya ketika tidur. bunda bisa melakukan cara-cara yang biasa bunda lakukan untuk membantu si kecil tidur lebih mudah.

Membantu si kecil Mengatasi Hidung yang Tersumbat
Hidung yang tersumbat tentunya akan membuat si kecil kesulitan bernapas dan membuat mereka rewel karena tidak nyaman. Bantulah si kecil untuk melegakan hidung mereka yang tersumbat dengan menggunakan humidifier atau dengan memberi minyak kayu putih.

Memberi Bantalan Tinggi pada si kecil
Ketika flu hidung si kecil sudah pasti akan tersumbat dan membuat mereka kesulitan bernapas. Namun, hal itu biasanya terjadi kepada salah satu lubang hidung saja. Hal ini akan semakin parah ketika si kecil berbaring untuk beristirahat ataupun tidur.
bunda bisa Meringankan Gejala Flu Pada Anak dengan meningkatkan bantalan yang mereka pakai. Posisi kepala yang rendah dapat meningkatkan kemungkinan tersumbatnya kedua hidung sekaligus. Tambahan bantal dapat membantu meninggikan posisi kepala sehingga lendir tidak menyumbat lubang hidung.

Memberi si kecil Minuman Hangat
si kecil yang terserang batuk flu biasanya juga mengalami batuk-batuk dan sakit di tenggorokannya. Kombinasi antara hidung tersumbat dan demam tentu sudah cukup untuk membuat si kecil bunda kesulitan tidur. Bila ditambah juga dengan batuk dan sakit tenggorokan, tentunya si kecil akan merasa sangat menderita, bukan?
Maka, bunda harus segera memberi pertolongan pertama dengan cara memberi minuman yang hangat. Minuman hangat bisa membantu melegakan tenggorokan si kecil yang sakit. Dan Bunda pun bisa memberi si kecil Anakonidin OBH obat batuk dan flu tanpa alkohol dengan rasa strawberry yang disukai anak-anak. Meredakan batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala,hidung tersumbat, serta bersin.

Demikianlah beberapa petunjuk untuk Meringankan Gejala Batuk Flu Pada Anak. bunda bisa mempraktekkan petunjuk-petunjuk untuk meringankan gejala flu ini segera ketika mendapati kemunculan gejala ini pada si kecil. Bawa si kecil untuk mendapat penanganan serius dari dokter bila flunya berlanjut selama berhari-hari.

Tags:

Halaman