ARTIKEL

5 Aktivitas Seru Bersama Anak Selama di Rumah Saja

Apr 22, 2020 10:40am

Wabah COVID-19 yang melanda negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, mendorong pemerintah untuk menghimbau masyarakat agar tetap diam di dalam rumah. Seluruh aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah, kini harus dilakukan di dalam rumah masing-masing. Tidak terkecuali sekolah anak yang sekarang diliburkan.

 

Bunda tidak perlu khawatir dalam menyikapi isolasi diri di rumah. Untuk menghalau rasa bosan anak, Bunda bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk mempererat hubungan dengan anak.

 

Pentingnya meluangkan waktu dengan anak di masa isolasi

Selama berdiam diri di rumah, tentunya anak-anak akan cepat merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja. Terutama jika Anda tidak meluangkan waktu untuk beraktivitas bersama sang buah hati. Padahal, penting sekali bagi Bunda untuk berinteraksi dengan si kecil selama masa isolasi diri di dalam rumah.

 

Bunda bisa berbicara dengan anak tentang mengapa kantor dan sekolah diliburkan. Hal ini juga bisa menjadi pembelajaran bagi anak mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Selain itu, quality time bersama orang tua juga penting bagi tumbuh kembang si kecil. Jadi, Bunda perlu untuk meluangkan waktu dengan anak saat di rumah dengan melakukan 5 aktivitas anak berikut.

 

Aktivitas seru dengan memanfaatkan gadget

Tidak bisa dipungkiri, gadget memiliki segudang aplikasi yang bisa menjadi alternatif aktivitas anak. Selain menyenangkan, Bunda bisa memanfaatkan gadget sebagai media edukasi bagi anak. Dampingi si kecil saat bermain gadget dan arahkan mereka untuk menggunakan atau menonton konten yang baik bagi anak-anak.

 

Ada banyak aplikasi anak yang gratis untuk diunduh serta tidak memuat in-app purchase. Beberapa di antaranya adalah Kiddopia, PBS Kids Games, dan Mussila Music School. Bunda juga bisa ikut bermain bersama si kecil agar lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk menetapkan batas waktu bermain gadget untuk anak.

 

Melakukan pekerjaan rumah

Jika anak sudah bosan bermain dengan gadget, saatnya Bunda untuk mengajarkan skill yang berguna bagi anak ke depannya. Minta anak untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah seperti merapikan mainan, memasak, atau menyapu. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan daya motorik anak, serta mengajarkan mereka secara langsung untuk menjaga rumah tetap rapi. Tetapi, jangan lupa untuk tetap awasi anak selama melakukan pekerjaan rumah agar anak terhindar dari risiko cedera ya, Bunda.

 

Aktivitas seni

Melakukan prakarya seni akan menjadi aktivitas anak yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Tidak perlu repot membeli bahan dan alat, Bunda bisa gunakan saja apa yang tersedia di dalam rumah seperti kertas origami, lilin mainan, krayon, glitter, lem, ataupun kardus dan kaleng bekas. Ajarkan anak untuk berkreasi sebebas mungkin.

 

Aktivitas anak yang satu ini tentunya dapat meningkatkan kreativitas anak. Dampingi dan ajarkan si kecil untuk membereskan bahan dan alat sesudah dipakai. Bunda juga bisa bergabung bersama anak menciptakan prakarya bersama. Hasilnya nanti bisa dipajang di rumah atau kamar anak.

 

Olahraga

Anak-anak sedang dalam umur di mana mereka senang melakukan aktivitas fisik. Sayangnya, isolasi di dalam rumah membatasi mereka untuk berolahraga atau sekedar bermain di taman. Bunda bisa mengajak anak untuk berolahraga ringan di dalam ruang, seperti senam, jumping jacks, atau menari. Tonton video tutorial di YouTube agar Bunda dan anak bisa dengan mudah mengikuti gerakan olahraga.

 

Rutin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan si kecil. Jadi, ajak anak untuk terus bergerak. Anak-anak juga bisa diajak untuk menari sambil mendengarkan lagu favorit mereka.

 

Membaca buku anak

Selain menarik untuk dibaca, buku anak mengandung makna dan ilmu yang bisa diserap anak. Manfaatkan waktu luang di rumah bersama anak dengan membaca buku anak. Tidak harus buku dongeng, Bunda juga bisa menunjukkan buku-buku bergambar, seperti buku sains anak atau buku sejarah anak.

 

Setiap anak memiliki preferensi yang berbeda, ada yang suka dengan buku bergambar, ada juga yang menyukai buku yang memiliki cerita menarik. Sesuaikan buku anak yang akan dibaca dengan selera membaca si kecil. Pastinya aktivitas anak ini akan membantu anak dalam mengembangkan kemampuan membacanya.

 

Itulah kelima aktivitas anak yang bisa Bunda lakukan bersama sang buah hati. Tidak hanya menyenangkan, tetapi aktivitas-aktivitas ini juga dapat membantu perkembangan anak serta meningkatkan daya tahan tubuhnya. Tetaplah mengikuti himbauan pemerintah untuk berdiam diri di rumah dan jaga kebersihan keluarga selama beraktivitas.

 

Meta desc: Karena wabah virus corona, anak jadi punya lebih banyak waktu di rumah. Ini beberapa aktivitas seru yang dapat dilakukan bersama anak.

Sources:

https://id.theasianparent.com/kegiatan-anak-di-rumah

https://www.sehatq.com/artikel/ide-aktivitas-anak-di-rumah-agar-tak-bosan-selama-wabah-corona

https://www.educationalappstore.com/app/free-apps-for-kids

https://m.economictimes.com/magazines/panache/turn-self-isolation-into-family-bonding-time-tips-to-keep-kids-engaged-during-lockdown/articleshow/74923722.cms

Tags:

Halaman