ARTIKEL

Tetap Sehat Selama Liburan

Jun 28, 2018 4:53pm

 

 

Makanan

 

Makanan merupakan sumber energi dan salah satu faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh. Pastikan makanan anak tetap mendapatkan makanan dengan pola gizi seimbang yang mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin serta mineral. Selain itu pastikan anak mendapat cairan yang cukup agar tidak dehidrasi.

 

 

 

Penyakit yang sering dialami

 

Gangguan pencernaan, gangguan kulit, gangguan pernapasan dan kecelakaan kecil merupakan penyakit-penyakit yang sering terjadi pada anak selama liburan. Gangguan pencernaan yang sering terjadi berkaitan dengan bepergian adalah diare. Penyebab diare yang sering adalah higienitas makanan yang tidak baik, oleh karena itu selalu mencuci tangan apabila menyiapkan makanan anak. Anak juga dapat dilatih untuk mencuci tangan yang baik.

 

 

 

Obat-obatan khusus

 

Persiapan obat – obatan pribadi yang di bawa harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Anak dengan riwayat penyakit kronik dan ada obat rutin yang dikonsumsi perlu perhatian khusus. Mungkin diperlukan juga  surat keterangan dari dokter. Obat - obat pribadi lain yang perlu dibawa adalah obat penurun panas, obat batuk dan pilek over the counter (OTC), zink, losion penangkal nyamuk, obat untuk alergi (bila anak menderita alergi), serta obat-obat luar untuk mengatasi luka seperti cairan desinfektan, plester, balsam atau minyak kayu putih.


Tags:

Halaman